Kolaborasi antara SnackVideo dengan Kementerian Kelautan dan Perikanan (Foto: Siaran Pers)

Kolaborasi Strategis SnackVideo dan Kementerian Kelautan dan Perikanan: Meningkatkan Optimalisasi Pemasaran Digital UMKM Perikanan

Teknologi 20 Des 2023

SnackVideo terus berkomitmen untuk memberikan dukungan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di berbagai sektor, memungkinkan mereka untuk tumbuh dan berkembang.

Sebagai platform media sosial berbasis video pendek terbesar di Indonesia, SnackVideo menjadi tempat ideal bagi UMKM untuk mengalami pertumbuhan dan ekspansi tanpa batas.

Upaya ini melibatkan kolaborasi dengan berbagai pihak, termasuk individu, komunitas, pelaku bisnis, hingga lembaga pemerintahan. Salah satu kemitraan yang signifikan adalah antara SnackVideo dan Badan Penyuluhan dan Pengembangan SDM Kelautan dan Perikanan (BPPSDM), Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP).

SnackVideo Indonesia Luncurkan Content Exclusions Solution untuk Menjamin Keselamatan Penayangan Iklan
Inovasi yang menarik nih. Ada yang masih nonton di SnackVideo ga nih??

Kolaborasi ini bertujuan memanfaatkan media sosial sebagai alat untuk mengembangkan usaha UMKM di sektor kelautan dan perikanan.

Penandatanganan perjanjian kerja sama antara SnackVideo dan KKP terjadi pada Jumat, 15 Desember 2023, yang diwakili oleh Yugo Prabowo, Direktur SnackVideo, dan Dr. I Nyoman Radiarta, Kepala BPPSDM, di Jakarta. Langkah ini menegaskan komitmen bersama dalam mendukung pertumbuhan dan keberlanjutan UMKM di Indonesia.

“SnackVideo menyadari bahwa dukungan kepada UMKM akan semakin besar dampaknya apabila dilakukan secara kolaboratif dengan pemangku kepentingan yang berkaitan. Karena itu, ketika ada peluang untuk berkolaborasi dengan BPPSDM Kementerian Kelautan dan Perikanan untuk mendorong kemajuan UMKM binaan mereka, kami dengan antusias menyambutnya. Kolaborasi ini kami lakukan setelah melihat adanya kesamaan visi dan misi antara SnackVideo dan KKP dalam memajukan UMKM di Indonesia. Melalui kerjasama ini, SnackVideo akan memberikan berbagai dukungan yang dapat memperkaya wawasan dan kemampuan para pelaku UMKM binaan BPPSDM-KKP untuk dapat memanfaatkan platform SnackVideo sebagai media pemasaran dan promosi yang menarik dan informatif,” ungkap Dina Bhirawa, Head of Marketing SnackVideo Indonesia.

Digitalisasi UMKM menjadi salah satu kebijakan pemberdayaan Pemerintah Indonesia, ditekankan karena mampu meningkatkan efisiensi operasional, produktivitas, jangkauan pasar, dan daya saing.

Pemerintah menargetkan 40 juta UMKM terdigitalisasi pada tahun 2024. Dalam konteks ini, Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) merumuskan enam strategi untuk mendorong pertumbuhan UMKM di sektor kelautan dan perikanan.

Salah satu pendekatan yang dilakukan adalah memberikan pendampingan yang holistik kepada UMKM perikanan, termasuk pelatihan dalam bidang pemasaran digital.

“BPPSDM menyelenggarakan kegiatan pendidikan, pelatihan, dan penyuluhan bagi masyarakat. BPPSDM juga memiliki banyak kelompok usaha perikanan yang kami latih dan didampingi oleh para penyuluh perikanan. Terdapat juga mitra kami Pusat Pelatihan Mandiri Kelautan dan Perikanan atau P2MKP. Selain itu ada wirausaha para taruna di satuan-satuan pendidikan kami. Kelompok-kelompok tersebut dapat menjadi sasaran kerjasama ke depannya,” ujar Kepala BPPSDM, I Nyoman Radiarta.
Asus Perkenalkan Server dan Motherboard Khusus Berbasis Intel Xeon E-24
ASUS datang lagi ke dunia komputer, tapi kini mampir ke dunia server, yaitu dengan motherboard dan komputer server terbaru yang mendukung Intel Xeon generasi ke-5 Dengan dukungan DDR5, PCI-e 5.0 hingga TDP 350W, gak pusing untuk mencari server kuat tapi hemat daya.
“Saya berharap penandatanganan kerja sama ini tidak hanya menjadi dokumen saja untuk memenuhi IKU (Indikator Kinerja Utama) atau KPI (Key Performance Index) tapi benar-benar dapat diimplementasikan secara nyata untuk pengembangan SDM, khususnya bagi masyarakat pelaku utama kelautan dan perikanan, seperti nelayan, pembudidaya, pengolah, dan pemasar ikan, serta petambak garam,” tambah I Nyoman.

Digitalisasi menjadi langkah krusial dalam meningkatkan kapasitas UMKM, terbukti dari kesuksesan UMKM yang bekerjasama dengan KKP dan mengikuti pelatihan digital marketing.

Perkembangan pesat terlihat ketika produk-produk mereka tidak hanya dipromosikan secara offline, tetapi juga melalui pemasaran online.

Kolaborasi antara BPPSDM-KKP dan SnackVideo dalam memanfaatkan media sosial untuk mempromosikan usaha diharapkan dapat memperluas pengetahuan dan keterampilan digital marketing para pelaku UMKM perikanan.

Kerjasama antara SnackVideo dan BPPSDM-KKP direncanakan berlangsung sepanjang tahun 2024, fokus pada pelatihan dan bimbingan para pelaku UMKM dalam memanfaatkan media sosial berbasis video pendek.

SnackVideo akan memberikan panduan praktis untuk menciptakan konten video pendek yang kreatif dan informatif, meningkatkan daya tarik bagi pengguna SnackVideo.

Dukungan lainnya mencakup verifikasi akun KKP di SnackVideo serta penayangan konten video pendek KKP yang disesuaikan dengan demografi target.

Dengan 43 juta pengguna aktif di seluruh Indonesia, terutama dari generasi milenial dan Gen-Z, SnackVideo menjadi platform potensial bagi UMKM untuk mempromosikan usaha mereka.

Ditekan Eropa dan Inggris, Adobe Batal Akuisisi Figma
Akuisisi senilai sekitar 309 triliun Rupiah ini resmi dibatalkan oleh Adobe karena mendapatkan tekanan regulator asal Uni Eropa dan Inggris atas dugaan monopoli pada hari Senin (18/12) waktu Eropa. Sehingga, Figma kini berhasil lepas dari cengkraman perusahaan besar asal Amerika Serikat ini.

Pada kuartal III 2023, tercatat peningkatan signifikan, yakni 135 persen, jumlah UMKM yang memanfaatkan SnackVideo sebagai wadah promosi.

Melalui kolaborasi ini dan harapannya untuk membuka lebih banyak peluang dengan lembaga pemerintahan lainnya, SnackVideo berkomitmen untuk memperluas dampak positifnya dalam mendukung pertumbuhan dan perkembangan UMKM secara menyeluruh.

Tentang SnackVideo

SnackVideo adalah platform sosial yang menekankan berbagi video pendek, memberikan peluang kepada pengguna untuk mengekspresikan gaya dan kreativitas mereka melalui pembuatan dan berbagi video pendek.

Dengan berbagai video dan streaming langsung yang menarik, lucu, dan ajaib, pengguna dapat membuat, mengunggah, dan membagikan konten asli mereka dengan mudah menggunakan editor aplikasi.

SnackVideo memungkinkan pengguna menikmati berbagai jenis konten, mulai dari komedi dan fashion hingga hewan peliharaan dan game.

Segera unduh aplikasi SnackVideo di Play Store serta App Store.

Tag

Rilia

extra terrestrial biological entities.