Ilustrasi maskot Renai_chuu yaitu Ren sang Rubah dan Ai sang Kelinci (Foto: Instagram/@renai_chuu

Kamu Mau Buat Merchandise? Yuk Kenalan dengan Renai_chuu

Pop Kultur 9 Jan 2024

Kamu ada kepikiran untuk membuat suatu merchandise, seperti stiker, gantungan kunci, standee, poster, atau karya lainnya? Nah, kebetulan ada komunitas lokal di Indonesia yang menawarkan kolaborasi menarik nih untuk membuat merchandise.

Yuk kenalan dengan Renai_chuu!

Mengenal Renai_chuu, Kolaborator di Komunitas Jejepangan

Renai_chuu ialah suatu platform kolaborasi merchandise di dunia pop kultur Jepang alias komunitas Jejepangan di Indonesia yang menawarkan diri sebagai peluang untuk mengembangkan hobi menjadi karir yang baik dan sustainable.

Nama Renai sendiri diambil dari bahasa Mandarin dan bahasa Jepang, yaitu kosa kata pertama 人 (Rén) dari bahasa Mandarin yang berarti Orang dan 愛 (Ai) dalam Bahasa Jepang yang bermakna Cinta.

Mereka menawarkan jasa pembuatan merchandise untuk para penggiat di komunitas Jejepangan tanpa mengeluarkan biaya sepeserpun.

Iklan McDonald’s Jepang Lucu Ini Tuai Respons Menggemaskan
Siapa juga yang tidak gemas dengan keuwuan ini?

Berdasarkan nama mereka, Renai_chuu hadir untuk membantu mengembangkan komunitas Jejepangan di Indonesia dengan cara melangkur, alias kolaborasi.

Melihat potensi yang tersedia di komunitas Jejepangan di seluruh dunia, maka Renai_chuu mencoba untuk membawa hal tersebut di Indonesia, dengan prioritas pertama di wilayah Jabodetabek.

Hal ini tercerminkan oleh pernyataan dari Daud Putra Teddy, pendiri dari Renai_chuu.

"Kami tidak memfokuskan usaha kami untuk meraih keuntungan finansial usaha sebesar-besarnya, namun kami memfokuskan usaha kami untuk mengembangkan komunitas Jejepangan yang dimana diantaranya yang kami tentukan adalah Cosplayers, Fans, Photographers, Videographers, dan UMKM di dallamnya untuk berkembang lebih lagi,"
Mengubah Hobi mereka menjadi suatu usaha yang dapat menghasilkan bagi mereka sendiri, dan pada akhirnya mengembangkan perekonomian, dan kualitas komunitas Jejepangan," ungkap Daud pada rilisan pers resmi yang didapatkan Media Formasi.

Kemudian, beliau juga mengatakan bahwa Renai_chuu akan ikut serta mengembangkan potensi orang-orang yang ikut terlibat di dunia pop kultur Jepang.

"Oleh karena itu, setiap pekerjaan yang kami lakukan akan melibatkan kerjasama dengan orang-orang dalam komunitas Jepang, seperti ilustrator, fotografer, videografer, model, teman-teman media, dan peran lainnya yang ada dalam komunitas ini," lanjut Daud.

Kadokawa dan Gramedia Resmi Ciptakan Kolaborasi
Dengan kolaborasi ini Kadokawa dan Gramedia berharap akan menjangkau perluasan budaya Indonesia dan Jepang serta meningkatkan minat baca masyarakat.

Pemain Baru dari Tahun 2023

Renai_chuu sendiri dapat dikatakan sebagai salah satu pemain baru di dunia pop kultur Jepang, tepatnya dengan komunitas Otsuu.id yang memulai ilustrasi digital dengan karakter Rubah dan Kelinci pada bulan Maret 2023 lalu.

Hal ini berkembang dengan perubahan nama Otsuu.id menjadi Renai_chuu, yang nama tersebut juga berasal dari nama maskot mereka yaitu sang Rubah (Ren) dan sang Kelinci (Ai).

Salah satu pencapaian Renai_chuu pada tahun pertama nya ialah menjalin kolaborasi bersama cosplayer @liliayunaa untuk desain dan rilisan merchandise resmi Renai_chuu x Liliayuna pada bulan Agustus 2023 lalu.

Hal ini disertai juga kolaborasi lainnya dengan cosplayer @yourcatgirl__ yang menghasilkan merchandise resmi untuk cosplayer tersebut.

"Masa depan yang kami bayangkan adalah saat semuanya tumbuh berkembang bersama, saat sektor Jejepangan di l1ndonesia tumbuh, orang-orang yang ada di dalamnya seperti Cosplayers, Fans, Foto/videografer, dan UMKM didalamnya bisa bertumbuh bersama," ungkap Daud mengenai konsep kolaborasi Renai_chuu dengan penggiat pop kultur Jepang.

Target 2024, Mencari Kolaborasi dan Buat Event Komunitas

Pada tahun 2024 ini, Renai_chuu membeberkan sedikit dari rencana mereka untuk mencapai tujuan mereka yaitu berkolaborasi dengan entitas di dunia pop kultur Jepang.

Hal ini tercermin pada perencanaan mereka di bulan Januari hingga Maret mendatang yaitu mempersiapkan diri dan mencari talent, seperti para cosplayer dan individu lainnya untuk diajak kerjasama.

Seiyuu Aya Hirano Resmi akan Menikah dengan Aktor Masashi Taniguchi
Aya Hirano sendiri sudah mengisi suara di anime Fairy Tail, Death Note, hingga The Melancholy of Haruhi Suzumiya. Sedangkan, Taniguchi dikenal sebagai pemeran Kamen Rider Amazon hingga Kamen Rider Saber.

"Kami setiap harinya terus mencari orang-orang dalam komunitas Jepang yang memiliki potensi untuk dikembangkan lebih lanjut, dan mengajak mereka bekerjasama untuk menghasilkan sesuatu yang baik tanpa memandang siapa orang tersebut. Kami memberikan wadah kesempatan yang setara," ujar Daud.

Kemudian, akan ada suatu event komunitas di sekitar tanggal 23 Maret 2024 yang diselenggarakan secara gratis. Event ini ditujukan untuk para fotografer, videografer, dan cosplayer di dunia Jejepangan. Seluruh fasilitas akan disediakan memadai untuk menghasilkan karya yang baik.

Harapannya, event ini dapat menjadi wadah kumpul untuk menyalurkan hobi dengan peralatan yang baik sehingga mendapatkan hasil yang maksimal untuk kreasi mereka.

Beberapa cosplayer yang sudah diajak kerjasama ialah @marorelatte, @niaa.evelyne, dan @ir9420a yang secara total memiliki lebih dari 25 ribu followers di Instagram.

Tertarik? Yuk Gabung dengan Renai_chuu!

Bagi kalian baik itu cosplayer, penggiat pop kultur Jepang, artist, content creator, hingga para kru media yang tertarik untuk bekerjasama berkontribusi di dunia pop kultur Jepang, bisa langsung menghubungi Renai_chuu pada email mereka di [email protected] atau ke [email protected].

Kamu juga bisa langsung coba chat di WhatsApp ke founder nya langsung, yaitu ke +62-877-4437-1075 atas nama Daud Putra Teddy.

Terakhir, kamu juga bisa cek Instagram mereka di sini.

Semoga dengan ini, dunia pop kultur Jepang di Indonesia semakin ramai dan sukses baik untuk para talent, pengunjung, konten kreator, hingga pengelola acara.

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast