Salah satu banner berdiri untuk event Bstation Anime Carnival 2023 di Mall Artha Gading, Jakarta Utara (Foto: Istimewa/Cakra Ananta Wangsa).

[Liputan] Bstation Anime Carnival 2023, Pestanya Kreator Pop Kultur Jepang!

Event 16 Jan 2024

Salah satu acara bertemakan Jepang atau jejepangan, yaitu Bstation Anime Carnival 2023 yang diselenggarakan pada 13 Januari hingga 14 Januari 2024 di Mall Artha Gading sukses menciptakan goncangan yang luar biasa.

Dengan konsep yang unik seperti mengundah lebih dari 90% pengisi acara yang juga menjadi kreator di platform streaming Bstation, berbagai acara menarik dihadirkan untuk memanjakan para penggemar anime dan konten kreator.

Dua Hari dengan Kegiatan Acara yang Penuh

Bstation Anime Carnival membagi acaranya menjadi dua hari yang menyajikan pengalaman unik bagi para pengunjung.

Hari pertama menampilkan konten kreator dari platform Bstation, sedangkan hari kedua menandai penyerahan penghargaan kepada para konten kreator. Namun, acara ini tak hanya itu, berbagai acara menarik juga diselenggarakan oleh Aliansi Owner Komunitas (AOK).

Banyak kegiatan yang diselenggarakan dari pagi hingga sore hari, yang dilanjutkan dengan performa idol dan DJ pada malam harinya.

[Liputan] Yuk Intip Keseruan Japan Pop Culture UNESA 2023!
Sudah kurang lebih 2 minggu berlalu setelah acara JPC UNESA 2023. Mulai dari Moccatune hingga Little Black Cherry, kemudian lomba akademik hingga audisi J-Song, seperti apa sih keseruan acara di Surabaya ini? Yuk cek foto-fotonya~

Pada hari pertama, pengunjung disuguhkan dengan coswalk yang menarik, termasuk kehadiran konten kreator terkenal seperti Refeen, Punipun, Akemi, hingga Hira Dazzle.

Acara Unik dengan Fokus untuk Dubber alias Pengisi Suara Indonesia

Tentunya tidak lengkap acara Jejepangan tanpa acara cosplay. Di event ini juga terdapat sesi kompetisi cosplay di hari kedua dan cosplay walk di hari pertama. Hal ini juga ditambah dengan performance cosplay oleh Shaodw Cos Team di waktu sore hari pertama.

Selain itu, terdapat kegiatan yang cukup unik di suatu event tema Jepang yaitu pertama, terdapat sesi acara live dubbing atau mengisi suara secara langsung (Project Showcase). Sesi acara ini dilaksanakan di awal acara sekitar pukul 11-12 siang.

[Liputan] Bertamasya ke GIIAS 2022 di Hari Terakhir
GIIAS 2022 mungkin sudah berakhir sejak seminggu lalu, namun penulis #MedForSquad memiliki cerita yang ingin dibagikan

Kegiatan ini dilanjutkan dengan kegiatan kompetisi bernyanyi lagu Jepang, yaitu kompetisi anisong (anime song) untuk para finalis. Uniknya, lagu-lagu yang dibawakan tidak semuanya lagu yang umum didengar, ada beberapa finalis yang membawakan lagu tidak terlalu umum bahkan hingga lagu lawas.

Terdapat juga kegiatan lain yang berkaitan dengan tema "kreator", seperti sesi talkshow bersama para dubber hingga kegiatan nonton bareng (nobar) satu episode anime.

Kegiatan unik lainnya tidak berhenti di situ saja. Terdapat juga sesi acara panggung yang memfokuskan waktunya untuk ranah fashion. Lebih tepatnya, acara Jfashion (Japanese Fashion) di hari pertama.

Terakhir, ada juga sesi mencoba gim lokal Indonesia yang sedang dikembangkan. Tepatnya, gim tersebut berjudul Battle of Guardians. #MedForSquad juga sempat menjajal gim tersebut karena penasaran.

Ketika Para Kreator Musik, Idol, hingga Dancer dapat Unjuk Gigi di Panggung

Hari kedua, atmosfer bisa dikatakan telah "pecah" dengan kehadiran Here Us, La Belle, hingga sesi terakhir DJ Vibetronic yang menghibur pengunjung dengan musiknya.

Selain DJ yang pasti ditunggu oleh sebagian besar para pengunjung, ada juga banyak kegiatan lain di hari kedua Bstation Anime Carnival 2023. Acara diawali dengan sesi Awards yaitu penghargaan top kreator di Bstation, yang kemudian dilanjutkan dengan sesi performance, seperti dari Shirai Metal, Andhtrix, dan sesi yang disebutkan sebelumnya.

Terdapat juga ajang bermain Mobile Legends: Bang-bang yang dilaksanakan pada sore hari sebelum sesi berubah menjadi performance hingga DJ di akhir acara.

Walau sempat terjadinya keterlambatan di rundown yang membuat beberapa pengisi suara mundur sekian waktu, tetap saja pengunjung tetap meramaikan acara bahkan sampai Mall Artha Gading akan tutup karena sudah malam.

[Liputan] Mangafest 2019, Festival Jejepangan Terbesar dan Meriah di Yogyakarta
Pada kali ini, redaksi berkesempatan untuk mengunjungi salah satu event jejepangan terbesar di Yogyakarta dan Jawa Tengah, Mangafest yang digelar pada tanggal 26 – 27 Oktober lalu. Yuk, intip liputannya melalui artikel ini! Mangafest? Apa itu? Beberapa MedForians mungkin masih asing dengan nama event yang satu ini, tetapi bagi penggemar jejepangan

Ketika Pengunjung "Ngeloot" Stampel untuk Dapat Hadiah

Pintu utama area Bstation Anime Carnival 2023 (Foto: Cakra Ananta Wangsa).

Bstation Anime Carnival memberikan pengalaman unik kepada pengunjung dengan Stamp Rally Challenge.

Pengunjung diajak mengunjungi lima booth yang berbeda, melakukan berbagai tantangan, dan mengumpulkan stempel. Tantangan mencakup menggambar karakter Mobile Legend, mendownload aplikasi Bstation, dan berbagai kegiatan menarik lainnya. Semua itu untuk mendapatkan kesempatan memenangkan hadiah utama, yaitu Nintendo Switch.

Selain hadiah utama tersebut, Bstation juga bagi-bagi hadiah berubah merch bagi 14 orang pemenang yang hadir di acara tersebut.

Sementara itu, kompetisi cosplay dan coswalk juga menjadi daya tarik utama dengan juri ternama seperti Refeen, Punipun, dan Kibaru Sama.

Meski acara ini sukses besar, beberapa pengunjung mengalami keterbatasan tempat karena venue yang relatif kecil. Keberadaan booth Mobile Legend sempat memicu antrian yang cukup panjang, bahkan antrian tersebut dipotong sementara karena antusiasme yang begitu tinggi.

[Liputan] Ennichisai 2019, Festival Jepang Tahun ke-10 dan Terakhir di Blok M
Hai, MedForians! Media Formasi berkesempatan untuk hadir di festival Ennichisai terakhir di Blok M! Apa itu Ennichisai? Belum seminggu telah berlalu setelah pelaksanaan salah satu festival Jepang terbesar di Indonesia. Festival tersebut tidak lain yaitu Little Tokyo Ennichisai Blok M. Festival yang sering dikenal sebagai Ennichisai ini adalah acara seni

Antusias Besar, Perlu Area yang Lebih Luas

Area panggung utama Bstation (Foto: Cakra Ananta Wangsa).

Secara keseluruhan, Bstation Anime Carnival 2023 sukses menjadi magnet bagi penggemar anime. Malah, bukan hanya para penggemar anime, tapi setiap orang yang terlibat di industri kreatif, mulai dari pop kultur Jepang, industri game lokal, para seiyuu alias pengisi suara kartun dan anime lokal, serta hingga para musisi yang meramaikan acara tersebut.

Namun, beberapa hal tertentu yang perlu diperhatikan., seperti keramaian pengunjung di dalam acara, menjadi catatan untuk penyelenggaraan acara di masa mendatang.

Yang dimana antusias para pengunjung Mall Arta Gading yang ingin berfoto dengan cosplayer di tempat yang mengakibatkan arus jalan menjadi terganggu.

Kedepannya, mungkin Bstation memerlukan area acara yang lebih besar, baik itu acara dalam ruangan atau luar ruangan. Yang penting para pengunjung dapat keliling dan merasakan keseluruhan acara dan para pengisi acara, baik itu di panggung mau pun di booth.

Sampai jumpa di acara Bstation selanjutnya!

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Di antara dengan Reza Lyon Kurniawan, Cakra Ananta Wangsa, Rilia

Photography, Technology and Videography Enthusiast