Ilustrasi salah satu aplikasi media sosial yang semakin naik daun saat ini, yaitu TikTok (Foto: tag24.com).

TikTokers Kini Bisa Pakai AI untuk Buat Lagu

Teknologi 19 Jan 2024

TikTok, platform media sosial yang terkenal dengan berbagai lagu yang viral, kini tengah menguji fitur baru yang memungkinkan lebih banyak orang untuk mengasah keterampilan menulis lagu mereka, dengan sedikit bantuan dari kecerdasan buatan (AI).

Ketika Sound TikTok Dibuat oleh AI

Fitur bernama AI Song ini memungkinkan pengguna membuat lagu dari prompt teks dengan bantuan model bahasa besar bernama Bloom.

Pengguna dapat menuliskan lirik lagu pada kolom teks saat membuat unggahan. TikTok kemudian akan merekomendasikan AI Song untuk menambahkan suara pada unggahan tersebut, sambil memberikan opsi untuk mengubah genre lagu.

Mojiken Studio Rilis Gim “TEST TEST TEST”, Gratis di Steam
Kamu sudah liat akun media sosial Mojiken Studio? Mereka baru saja merilis gim internal mereka untuk publik dengan judul “TEST TEST TEST” Seperti apa sih gim nya?

Masih Awal, Masih Kasar

Meskipun AI Song sepertinya belum tersedia untuk semua orang, beberapa pengguna TikTok sudah mulai bereksperimen dengannya. Namun, hasilnya belum begitu memuaskan.

Melansir dari The Verge, banyak lagu yang tidak selaras meskipun tersedia fitur auto-tuning untuk vokal. Sebagai contoh, pengguna TikTok Jonah Manzano membuat lagu yang mencoba membuat kata "comedy" memiliki lebih banyak suku kata dari yang seharusnya.

Pengguna lain, Kristi Leilani, mencoba merekonstruksi lagu Britney Spears namun dengan vokal yang sangat tidak selaras.

Seri Samsung Galaxy S24 Resmi Meluncur, Kamera Hingga 200 MP, Snapdragon 8 Gen 3
Seri Samsung Galaxy 24 kini telah rilis pagi pada hari Selasa (17/01) waktu Amerika Serikat. Dilihat sekilas, mungkin hanya sedikit yang berubah, namun ternyata ada beberapa hal penting seperti update 7 generasi OS hingga integrasi AI.

Perlahan Tapi Pasti, AI-Generated Content Semakin Marak

Lagu-lagu yang dihasilkan oleh AI bukanlah hal baru di TikTok. Lagu AI dari Drake dan The Weeknd yang terkenal dengan judul "Heart on My Sleeve" pernah menjadi viral di platform ini.

Bad Bunny bahkan mengkritik orang-orang yang mendengarkan lagu AI yang mirip dengannya di TikTok.

Bukan hanya TikTok, platform lain seperti YouTube juga mencoba memanfaatkan fitur generative AI untuk penggunanya. YouTube mulai menguji fungsionalitas penciptaan musik yang memungkinkan pengguna membuat lagu dari prompt teks atau melodi yang dinyanyikan.

POCO X6 5G Meluncur dengan Performa Ekstrem Snapdragon 7s Gen 2
POCO X6 5G, yang baru saja diluncurkan di pasar global, menjadi smartphone pertama yang menggunakan chipset Qualcomm Snapdragon 7s Gen 2. Seri chipset 7 dari Qualcomm ini tergolong dalam kategori high-end, menawarkan performa tinggi dengan berbagai fitur flagship. Untuk memberikan gambaran, Qualcomm memiliki serangkaian chipset Snapdragon, mulai dari Seri 8

Dream Track memungkinkan pembuatan potongan lagu selama 30 detik dengan gaya yang mirip dengan artis populer lainnya.

Sebagai upaya untuk lebih transparan, TikTok telah meluncurkan fitur lain yang membantu mengidentifikasi konten yang dibuat oleh AI di aplikasinya dan memperbarui aturan yang menuntut pengguna untuk jujur ​​mengenai penggunaan AI dalam kontennya.

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast