Foto logo Square Enix (Foto: Square-enix-games.com)

Waduh! Square Enix akan Melakukan Layoff di Cabang Amerika Serikat dan Eropa

Gaming 14 Mei 2024

Lagi, berita mengenai layoff di industri gim kembali muncul. Kali ini, datang dari Square Enix yang sedang bersiap untuk memangkas jumlah pekerjanya di kantor cabang Amerika Serikat dan Eropa.

Melansir dari VGC, layoff ini dilakukan sebagai upaya restrukturasi perusahaan dan diumumkan secara langsung oleh Takashi Riyu selaku Presiden Square Enix saat rapat internal yang diadakan pada Senin, 13 Mei 2023.

Square Enix dikabarkan akan mulai melakukan layoff bagi pekerjanya di Amerika Serikat serta Eropa sekitar bulan Juni mendatang. Kemungkinan besar tim yang akan terdapak layoff ini adalah divisi publishing, IT, dan indie.

Pemerintah Dubai akan Rilis Gaming Visa Tahun 2033, untuk Apa?
Pemerintah Dubai akan mengeluarkan gaming visa di tahun 2033 yang dikhususkan bagi content creator dan juga pencari kerja di bidang industri gim dari seluruh dunia.

Terhitung minggu ini, Square Enix akan mulai menghubungi pekerja yang terdampak layoff tersebut. Akan tetapi, seberapa besar skala layoff masih bersifat internal dan belum diumumkan secara resmi.

Bagi pekerja di kantor Inggris, mereka akan melewati proses konsultasi selama satu bulan, sesuai dengan peraturan di negara tersebut terkait prosedur layoff. Berbeda dengan pekerja di Amerika Serikat, mereka bisa berhenti bekerja sebelum bulan Juni.

Buntut perkara dari layoff yang terjadi di Square Enix, kemungkinan disebabkan oleh masalah finansial yang dialami oleh perusahaan tersebut.

Melansir dari IGN, Square Enix mengalami penurunan keuntungan hingga 15.8 persen. Penurunan ini dapat terjadi karena kegagalan gim andalan mereka, Final Fantasy VII Rebirth dan Final Fantasy XVI dalam memenuhi target yang diharapkan.

Selain itu, mereka juga harus menelan kerugian sebesar 140 Juta USD akibat melakukan pembatalan beberapa gim dari proyek yang tidak dipublikasikan.

OpenAI Perkenalkan GPT-4o dan Aplikasi Desktop ChatGPT
Sekarang, kita bisa berbicara dengan ChatGPT! Pada acara “Spring Update” Senin (13/05), pengembang ChatGPT OpenAI umumkan model AI terbarunya, GPT-4o, yang dapat menerima informasi dan menjawab secara verbal. Aplikasi ChatGPT juga akan hadir bagi pengguna macOS dengan ChatGPT berbayar.

Tentang Square Enix

Square Enix merupakan perusahaan multinasional asal Jepang yang memiliki cabang di Amerika Utara serta Eropa. Perusahaan ini berdiri sejak tahun 2003 dengan cakupan bisnis meliputi publikasi dan distribusi lisensi konten hiburan.

Beberapa gim yang telah dirilis oleh Square Enix antara lain, Final Fantasy, Dragon Quest, Space Invaders, Kingdom Hearts, NieR:Automata, Harvestella, Life is Strange, PowerWash Simulator dan masih banyak lagi.

Tag