Apple Turut Boyong iPadOS 18 di WWDC 2024 dengan Berbagai Pembaruan

Teknologi 11 Jun 2024

Selain merilis pembaruan untuk sistem operasi mulai dari iOS 18, macOS Sequoia serta visionOS 2, serta pengumuman akan ketersediaan untuk Apple Vision Pro, pada ajang WWDC yang diselenggarakan Selasa (11/06) dini hari WIB, Apple juga mengumumkan peluncuran iPadOS 18, dengan berbagai fitur kecerdasan serta aplikasi baru yang dirancang khusus untuk Apple Pencil.

Kembalinya Fitur Kalkulator yang Ditingkatkan

Melalui laman resminya, brand asal Cupertino, California ini nampaknya menjejali iPadOS 18 dengan berbagai fitur kecerdasan canggih untuk memberikan pengalaman pengguna yang lebih personal dan efisien.

Salah satu fitur yang menjadi sorotan ialah "Math Notes", dimana pengguna dapat mengetik atau menulis ekspresi matematika dan melihatnya langsung terpecahkan dalam tulisan tangan mereka.

Pengguna juga dapat menetapkan nilai pada variabel saat mempelajari konsep baru di kelas, menghitung anggaran, dan lainnya.

Selain itu, dengan fitur grafik baru, pengguna dapat menulis atau mengetik persamaan matematika dan memasukkan grafik hanya dengan satu ketukan, hingga menambahkan beberapa persamaan pada grafik yang sama untuk melihat hubungan antar persamaan tersebut.

0:00
/0:21

Fitur "Math Notes" pada iPadOS 18. (Sumber: Apple)

Lalu, pada aplikasi kalkulator standar dan ilmiah, ekspresi matematika lengkap dapat dilihat oleh pengguna bahkan sebelum diselesaikan.

Terdapat juga fitur History yang membantu pengguna melacak penghitungan sebelumnya, dan konversi satuan memungkinkan pengguna dapat dengan cepat mengonversi panjang, berat, mata uang, dan sebagainya.

0:00
/0:24

Catatan Tulisan Tangan yang Lebih Fleksibel dengan Skrip Cerdas

Pengguna Apple Pencil, semakin dimanjakan dengan adanya fitur Skrip Cerdas, yang membuat catatan tulisan tangan menjadi lancar, fleksibel, dan lebih mudah dibaca, sekaligus mempertahankan tampilan dan nuansa tulisan tangan pengguna.

Skrip Cerdas memungkinkan pengguna menulis dengan cepat tanpa mengorbankan tingkat keterbacaan dengan menghaluskan dan meluruskan teks tulisan tangan secara real time.

0:00
/0:31

Fitur ini juga membuat pengeditan teks tulisan tangan semudah mengedit teks ketikan. Dengan Apple Pencil, pengguna dapat dengan mudah menambahkan spasi, menghapus kalimat, atau bahkan menempelkan teks yang diketik sesuai dengan tulisan tangan mereka, dan alur paragraf akan secara otomatis menyesuaikan dengan konten yang baru.

Lebih Banyak Cara Menyesuaikan iPad

Pada pembaruan iPadOS 18 ini, Apple memperkenalkan lebih banyak opsi bagi pengguna untuk mengekspresikan diri mereka, termasuk cara baru untuk menyesuaikan Layar Home dan ikon aplikasi serta Pusat Kontrol.

Ikon aplikasi dan widget dapat ditempatkan pada posisi terbuka apa pun di Layar Home untuk menciptakan tata letak yang ideal dan membuat wallpaper pengguna terlihat menonjol.

Semua fitur baru ini dapat disesuaikan untuk terlihat persis seperti yang diinginkan pengguna, terang, gelap, atau dengan suatu warna. Para pengguna juga dapat membuat semua ikon dan widget aplikasi tampak lebih besar, menghilangkan nama di bawahnya, untuk tampilan baru yang ramping.

Bar Tab Baru Menghadirkan Navigasi yang Lebih Mudah

Pada iOS 18 ini, terdapat bar tab baru yang didesain melayang di atas konten aplikasi dan melengkapi bar sisi untuk membantu pengguna tetap fokus pada hal yang paling penting sambil tetap menjaga tab favorit dalam jangkauan.

Bar tab melayang yang baru secara elegan berubah menjadi bar samping, sehingga pengguna dapat mendalami fungsi aplikasi secara lengkap. Dengan bar tab yang didesain ulang, pengguna iPad dapat menyusun ulang atau menambahkan tab lain dari bar samping, menghadirkan cara yang sepenuhnya baru untuk menyesuaikan pengalaman dalam aplikasi.

Pembaruan lainnya di iPadOS 18

  • Berbasiskan fitur Keychain yang terdapat pada macOS, pengguna iPadOS kini tidak perlu khawatir akan akses kredensial mereka akan tercecer berkat fitur Passwords yang dapat menyimpannya dengan aman di satu tempat, termasuk kata sandi, kode verifikasi, dan peringatan keamanan.
  • Peningkatan fitur SharePlay menjadi semakin baik tahun ini dimana pengguna dapat mengetuk dan menggambar pada layar mereka untuk menunjukkan apa yang harus dilakukan. Selain itu, pengguna dapat meminta izin untuk mengontrol perangkat dari jarak jauh.
  • Dengan Freeform, mewujudkan ide menjadi lebih mudah. Pengguna dapat membuat adegan untuk mengatur bagian board berdasarkan topik atau dengan mudah mempresentasikan konten dengan berpindah-pindah secara cepat.
  • Game menjadi semakin imersif dengan fitur-fitur seperti Mode Game dan Audio Spasial yang Dipersonalisasi, yang menempatkan pemain di tengah-tengah aksi dalam judul-judul mendatang seperti Assassin's Creed Shadows dan RESIDENT EVIL 7 biohazard. Dan dengan Game Porting Toolkit 2, para pengembang memiliki alat baru yang memudahkan mereka untuk menghadirkan game yang lebih canggih lagi ke iPad, iPhone, dan Mac.
  • Kalender menjadi lebih membantu dengan menampilkan acara dan tugas dari Pengingat. Pengguna dapat membuat, mengedit, dan menuntaskan pengingat langsung dari Kalender.
  • Pengingat mendapatkan alat-alat baru, termasuk kemampuan untuk melihat, membuat, dan mengedit secara langsung dari aplikasi Kalender; mengakses daftar yang baru saja dihapus; dan menemukan sub-tugas di Daftar Pintar sebagai referensi praktis.
  • Di aplikasi Apple Maps, pengguna kini dapat menelusuri ribuan jalur pendakian di berbagai taman nasional di Amerika Serikat dan dengan mudah membuat rute pendakian dan jalan kaki sendiri, yang dapat mereka akses secara offline. Pengguna Peta juga dapat menyimpan pendakian taman nasional favorit mereka, rute jalan kaki khusus, dan tempat-tempat ke dalam Perpustakaan Tempat yang baru dan menambahkan catatan pribadi tentang setiap tempat tersebut.
  • Fitur-fitur Aksesibilitas mencakup Pelacakan Gerakan Mata, opsi bawaan untuk menavigasi iPad hanya dengan mata, dan Pintasan Vokal yang memungkinkan pengguna melakukan tugas dengan mengeluarkan suara khusus.

Tag

Naufal Nurihsan Fauzi

Just your ordinary guy, that likes playing games, keen into tech stuff, and (sometimes) designing something.