Menu Tutup

Selamat Hari Moe Sedunia! Inilah Cerita Dibaliknya!

Hai, MedForians!

Tahukah kalian jika hari ini, setiap tahunnya pada tanggal 10 Oktober diperingati sebagai Hari ‘Moe’ Sedunia? Ya, benar sekali. Tepat hari ini diperingati sebagai Hari Moe Sedunia!

Jadi bagaimana hari ini bisa ditetapkan menjadi Hari Moe Sedunia? Simak sejarahnya beserta apa itu arti dari kata ‘moe’ disini!

Sejarah Hari Moe Sedunia

Laman blog yang "menetapkan" Hari Moe Sedunia.
Laman blog yang “menetapkan” Hari Moe Sedunia.

Peringatan ini bermula dari sebuah postingan blog yang bernama MoeSide pada 10 Oktober 2007 yang menetapkan hari ini sebagai Hari Moe Sedunia. Awalnya penetapan hari ini hanya bertujuan sebagai peringatan kecil-kecilan untuk blog tersebut.

Sang penulis dengan nama pengguna windbell menuliskan ini pada laman tersebut.

And yes! Today is (un)offically known as Moe Day. It is the 10th of October which is written as 「十月十日」 in both Japanese and Chinese Kanji. When you add and mix them up together, you get the word 「萌」.

Arti : Dan ya! Hari ini secara (tidak) resmi diperingati sebagai Hari Moe. Ini adalah cara menulis 10 Oktober yang ditulis sebagai 「十月 十 日」 dalam bahasa Jepang dan Kanji Cina. Saat Anda menambahkan dan mencampurnya bersama, Anda mendapatkan kata 「萌」.

Kanji tersebut dapat dibaca sebagai “Mo“, dan ini juga merupakan kanji yang serupa dan dipakai pada kata “Moe”  「萌え」 

BACA JUGA :  Anime Kanata no Astra Umumkan 7 Karakter Tambahan dan Visual Baru

Apa itu Moe?

Mira Fridayanti, maskot resmi Media Formasi dengan gaya "Moe"
Mira Fridayanti, maskot resmi Media Formasi dengan gaya “Moe”

Dikutip dari laman Wikipedia bahasa Indonesia, kata “moe” merupakan sebuah istilah slang dalam bahasa Jepang yang berarti minat kuat terhadap karakter tertentu dalam permainan video maupun anime dan manga dan perwujudannya. Kata ini kini sering dipakai untuk mengungkapkan seseorang yang “manis”, jenis spesifik dari “imut”, umumnya ditujukan kepada tokoh fiktif.

Kamu wajib tahu: Moefikasi

Dedek platelet dari anime Hataraku Saibou UwU
Moefikasi (personifikasi) dari sel trombosit pada seri Hataraku Saibou.

Dilain sisi, kamu mungkin juga pernah mendengar kata “Moefikasi“. Moefikasi tidak jauh beda dengan Personifikasi, istilah ini merupakan turunan dari Gijinka (擬人化, bahasa Jepang untuk “Personifikasi”) atau pengumpamaan sebuah objek layaknya seorang manusia. Ini biasanya ditemui di karya sastra seperti puisi dan sajak, namun di Jepang juga berkembang menjadi proses pembuatan karakter dan cerita dalam manga, novel ringan, atau anime.

BACA JUGA :  Anime Uchinoko Umumkan Tanggal Tayang dan Lagu Penutup

Sederhananya, Moefikasi adalah proses personifikasi namun proses penciptaannya objeknya selalu berakhir menjadi karakter Wanita “Moe”.

Selamat Hari Moe Sedunia, MedForians!

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×