Menu Tutup

Hacker Ajak “Subscribe PewDiePie” dengan Bajak Ribuan Printer!

Hai, MedForians!

“Perang subscriber” antara YouTuber asal Swedia, PewDiePie dengan perusahaan label rekaman asal India, T-Series kini mulai menjadi makin serius. Kok bisa?

Dikutip dari The Verge, Selama beberapa hari terakhir beberapa pengguna Twitter memposting tangkapan foto dari hasil cetakan printer pada komputer yang terhubung ke internet yang mengatakan bahwa PewDiePie membutuhkan bantuan mereka, secara mendadak dan tanpa dikehendaki.

“PewDiePie, saluran dengan subscriber terbanyak di YouTube saat ini, berada dalam bahaya karena akan kehilangan posisinya sebagai nomor satu oleh perusahaan India bernama T-Series yang hanya mengunggah video trailer dan kampanye Bollywood,” kata surat itu.

Hasil cetak tersebut memberi tahu orang-orang untuk berlangganan ke saluran YouTube milik Kjellberg dan mengajak untuk memberi tahu semua rekan tentang ini. Pada akhir cetakan tersebut ada gambar ASCII dari “brofist”, salam ala PewDiePie. Screenshot tersebut tidak memiliki asal spesifik; karena pengguna dari Kanada hingga Inggris telah mengaku menerimanya.

 

 

BACA JUGA :  Super Smash Bros Borong Penghargaan di TGS 2019!

Apa Tujuan Sang Hacker Sebenarnya?

Seorang peretas di Twitter telah mengklaim bertanggung jawab atas hasil cetak tersebut, yang menyatakan bahwa aksi itu rupanya adalah cara mereka meningkatkan kesadaran akan keamanan printer.

 

Bagaimana bisa?

Menurut tweet @TheHackerGiraffe, mereka memanfaatkan port jaringan terbuka yang tersedia di ratusan ribu printer di seluruh dunia. Ini adalah kerentanan yang telah diketahui sebelumnya dan memungkinkan printer menerima data. Untuk melakukannya, peretas mengklaim bahwa mereka menggunakan alat bernama PRET yang menurut laman GitHub mereka memungkinkan penyerang untuk “menangkap atau memanipulasi pekerjaan pencetakan, mengakses sistem file dan memori printer atau bahkan menyebabkan kerusakan fisik. ke perangkat.”

Merupakan Masalah Serius

TheHackerGiraffe memberi tahu The Verge bahwa mereka mendapatkan ide untuk melakukan peretasan saat menjelajahi Shodan.io, gudang penyimpanan untuk perangkat yang terhubung ke internet. Di sini, mereka mengklaim bahwa mereka menemukan 800.000 printer yang tersedia, dan memutuskan untuk menyerang 50.000 dari mereka.

BACA JUGA :  27 September, Dragon Quest 1, 2, & 3 Siap Rilis di Nintendo Switch

“Orang-orang meremehkan betapa mudahnya seorang peretas jahat menggunakan kerentanan seperti ini untuk menyebabkan kerusakan besar,” kata TheHackerGiraffe. “Peretas dapat mencuri file, memasang malware, menyebabkan kerusakan fisik pada printer dan bahkan menggunakan printer sebagai pijakan ke jaringan dalam.

“Bagian yang paling mengerikan adalah: Saya tidak pernah mempertimbangkan peretasan printer sebelumnya, seluruh proses belajar, mengunduh, dan pembuatan skrip tidak lebih dari 30 menit.”

Jadi, dibalik semua ini ada hikmahnya. Kita harus subscribe PewDiePie selalu memastikan perangkat kita mendapatkan pembaruan keamanan atau memutuskan sambungan printer jika memang tidak diperlukan.

Bagaimana menurutmu? Bagikan pendapatmu mengenai hal ini di kolom komentar di bawah.

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×