Waspada Situs Web Palsu Olimpiade Tokyo 2020!

Teknologi 31 Mei 2019

Hai, MedForians!

Profesor Tatsuya Mori dari Universitas Waseda memperingatkan kemungkinan penipuan online menggunakan nama situs web palsu yang mirip dengan yang dimiliki komite penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade.

Dilansir dari NHK World, Tatsuya mengatakan telah menemukan setidaknya 950 nama situs yang memasukkan kata “tokyo”, “2020”, dan “olympic”.

Beberapa diantaranya digunakan oleh agen-agen perjalanan, tapi ada 22 kasus yang menggunakan situs tersebut untuk menyebarkan virus komputer atau pancingan ke konten berbahaya. Kebanyakan situs tersebut tidak aktif.

Pendaftaran dengan nama situs yang serupa dengan situs resmi Olimpiade ini mulai meningkat enam tahun lalu saat Tokyo memenangi perebutan tuan rumah Olimpiade 2020.

Setidaknya ada tiga situs web yang memasukkan nama “tokyo 2020” dan “ticket” yang terdaftar sejak 9 Mei ketika situs resmi penjualan tiket mulai menerima pendaftaran.

Situs-situs web tersebut dikelola oleh organisasi-organisasi di dalam dan di luar Jepang. Seseorang bisa mendapatkan nama situs melalui agen selagi nama yang diinginkan tersebut belum terdaftar.

Situs web asli yang dimiliki komite penyelenggara Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo 2020 adalah tokyo2020.org. Hanya itu, dan tidak ada yang lain. Selain informasi tiket, situs ini juga mencantum berbagai informasi seputar olimpiade, mulai dari jadwal, venue, hingga maskot.

Diharapkan bagi yang ingin menyaksikan ajang olahraga bergengsi ini untuk waspada terhadap berbagai situs web palsu yang beredar.

Ajang Olahraga Perdana di Era Reiwa

Olimpiade Musim Panas Tokyo 2020 merupakan ajang olahraga 4 tahun sekali. Ini akan jadi Olimpiade Musim Panas ke-32 sejak pertama kali dimulai di Athena pada 1896. Selain itu, acara ini juga akan jadi acara olahraga multinasional bergengsi pertama di era Reiwa.

Acara ini akan berlangsung di Tokyo, Jepang mulai 24 Juli hingga 9 Agustus mendatang. Dijadwalkan, Kaisar Naruhito yang baru dilantik awal Mei ini akan membuka secara resmi acara ini. Acara ini telah dipersiapkan sejak jauh hari.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.