Menu Tutup

Build Internal Windows 10 Bocor ke Publik, Tampilkan Desain Start Baru

Hai, MedForians!

Microsoft secara tidak sengaja merilis build internal Windows 10 ke pengguna Insider. Versi Windows dengan kode nama rs_xbox ini seharusnya ditujukan untuk pengujian internal di Microsoft saja.

Microsoft sendiri sudah menyadari akan hal ini, dan meminta insiders yang terlanjur mengupdate ke build ini untuk segera melakukan rollback.

Uniknya, di build Windows 10 yang bocor kali ini Microsoft mulai mengubah tampilan dari menu Start yang telah ada.

RIP Live Tiles

Jika saat ini Start menggunakan elemen live tiles yang menampilkan notifikasi dan informasi terbaru (pada beberapa apps), di desain baru ini Start tidak akan memiliki elemen tersebut lagi.

Gantinya, menu Start hanya akan menampilkan grid ikon dan nama aplikasi. Kemudian di atas daftar aplikasi, akan dijumpai kotak pencarian dan gambar akun pengguna. Tampilan menu Start yang baru ini mirip layaknya tampilan menu di Android atau iOS.

Saat ini, tampilan menu Start baru ini masih sangat buggy, dan belum siap untuk digunakan sehari-hari. Ikon aplikasi yang digunakan juga masih campur-aduk dan berantakan urutannya.

Namun tampilan Live Tile masih dapat dijumpai dengan mengeklik tombol di panel sebelah kiri.

Tampilan Start Menu Baru (Sumber: Windows Central)

Desain Menu Start Baru untuk Windows ‘Lite’

Sebenarnya desain baru menu Start ini ditujukan untuk versi Windows baru di masa depan, yakni Windows ‘Lite’ atau yang kerap disebut sebagai Windows Core OS.

BACA JUGA :  Tokopedia Umumkan Boyband BTS Sebagai Brand Ambassador

Versi Windows ini – sesuai namanya – akan menjadi OS yang lebih ringan. Tidak ada komponen lawas (Win32) akan dijumpai, dan semua elemen di OS ini akan menjadi serba-baru.

Kabarnya OS ini akan menjadi penantang Chrome OS, karena Windows Lite hanya menjalankan aplikasi modern (UWP) dari Microsoft Store dan Progressive Web Apps.

Kok Build Windows 10 Ini Bisa Bocor ke Publik?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, mari kita simak apa itu Windows Insider Build.

Microsoft sudah lama menjalankan program Windows Insider. Program ini merupakan program open-beta yang ditujukan bagi pengguna agar dapat memberikan umpan balik mengenai pengembangan WIndows 10 kedepannya. Setiap pengguna Windows 10 dapat mendaftar menjadi Insider melalui Pengaturan > Updates and Security.

Tahapan proses Windows 10 Insider sendiri sangat sederhana. Kami akan menyederhanakan penjelasannya.

Pertama, build Windows akan dikembangkan dan di tes di lingkungan tim pengembangan internal Microsoft. Kemudian, OS tersebut akan disebarkan ke internal perusahaan Microsoft secara lebih luas. Akhirnya, jika build ini lolos seleksi, Windows Insiders (para penguji publik).

BACA JUGA :  Kolaborasi Oppo dan Gundam Hadirkan Reno Ace Edisi Spesial

Jika Microsoft sudah cukup mengumpulkan umpan balik dari para Insider, build ini akan dirilis ke pengguna umum sebagai update.

Nah, Microsoft melakukan kesalahan dengan merilis build yang seharusnya ditujukan bagi para pegawai Microsoft, namun malah dirilis ke publik. Gampangnya, Microsoft ‘melewati’ tahap kedua dari uraian di atas.

Jadi, bagaimana menurutmu? Apakah kamu suka dengan tampilan start baru ini? Bagikan pendapatmu di kolom komentar!

Kembali ke Atas

MedForians Wajib Baca Ini!

×