Belajar Bertani dengan Coral Island, Game Farming Sim Indie dari Yogyakarta

Gaming Jul 26, 2020

Industri gaming Indonesia bukan hanya di eSports saja, kali ini ada game baru bernama Coral Island yang akan hadir ke masyarakat Indonesia!

Stairway Games, Tim Gamedev dari Yogyakarta!

Stairway Games merupakan perusahaan pengembang game indie dari Yogyakarta yang berdiri pada Januari 2018 lalu. Pada awal berdirinya, anggotanya hanya hitungan jari. Salah satu pendirinya adalah bapak Soma Putera dan rekan co-founder Jeremy.

Screenshot in-game Coral Island (Steam).

Keduanya memiliki ketertarikan terhadap industri gaming dan setelah berbagai pertemuan dan pembahasan berdirilah Stairway Games.

“Goal awal studio kami adalah untuk menjadi developer terbaik se-Indonesia. Terinspirasi dari CD Projekt Red, kami ingin membawa (CD Projekt Red) di Indonesia.” ungkap Produser Stairway Games Soma Putra.

“Jadi goal kami adalah ingin merilis high-quality games yang memiliki double appeal. Jadi bukan hanya di Indonesia saja namun bisa di luar negeri, seperti level triple A.” lanjutnya.

Bedanya Coral Island dengan Game Lain Itu Apa Ya?

Berhubung dengan game farming, mungkin saat kalian melihat sedikit dari game Coral Island ini, langsung teringat game legendaris serupa yaitu Harvest Moon. Baik yang sudah veteran atau baru saja main menyukai game yang sudah rilis dari penghujung abad ke-20.

“Inspirasi ya mungkinnya dari Harvest Moon sudah pasti, Stardew Valley, My Time at Portia juga, mix of a lot of things, dan yang terbaru juga Animal Crossing” ungkap Soma saat sesi wawancara dengan Media Formasi.

Banyaknya peminat dari genre simulator pertanian atau agrikultur ini membuat tim Stairway Games untuk sekalian saja membuat game dengan genre serupa. Tidak asal-asalan, para developer juga menambahkan elemen-elemen unik pada game yang sedang mereka kerjaan saat ini.

Preview gameplay Coral Island (Steam).

Para pemain nantinya bisa melakukan aktivitas menarik dan umum di setiap game tipe serupa seperti bercocok tanam, mengelola peternakan, dan memancing.

Coral Island menghadirkan kurang lebih sekitar 50 karakter unik yang bisa ditemui. Setiap karakter memiliki latar belakang kisahnya sendiri, mulai dari struktur keluarga, anak-anak. Dengan fitur friendship, game ini akan memberikan sensasi yang berbeda pada pemain.

Dua aspek unik yang ditanamkan pada Coral Island adalah sistem diving dan protecting the environment.

“Diving ya underwater, protecting the enviroment itu membawa tema environmental awareness seperti kebersihan dunia Coral Island dan semakin happy dan ada feedbacknya ke dunia farming.

Dua elemen ini diharapkan dapat menjadi keunikan tersendiri dari Coral Island dan menjadi daya tarik kepada para pemain yang sedang mencari game untuk dimainkan.

Menanamkan kesadaran lingkungan juga dapat memberikan ilmu kepada pemain bahwa saat membangun suatu industri, tidak bisa semena-mena membangun tanpa memperhatikan lingkungan yang kita tinggali.

Tidak perlu jauh-jauh, cukup dari memperhatikan kebersihan kehidupan masing-masing akan memberikan dampak kumulatif yang bermanfaat bagi semua orang.

Awalnya Ingin Game Horror

Produser Stairway Games Soma Putra juga mengatakan bahwa game ini adalah game pertama mereka. Namun, konsep awalnya bukanlah seperti yang dikembangkan saat ini.

Awalnya, mereka ingin membuat game dengan konsep horror. Namun, setelah tiga bulan tahap awal, keputusan diambil untuk mengubah game tersebut menjadi konsep farming.

Kebetulan juga, para kru Stairway Games menyukai game ala pertanian dan sebagian kru developer asal Yogyakarta ini tidak setuju membuat game horror.

Membuat game yang sebagian anggota timnya tidak fasih atau tidak memiliki ketertarikan sungguh dapat menyulitkan development stage pada game apapun. Sehingga game farming lah yang diambil, baik karena ketertarikan pasar dan ketertarikan dari tim developer.

Kok Spesifikasinya Tinggi Banget Sih?

Kalian tertarik dengan Coral Island, lalu mengunjungi laman Steam dari game tersebut. Pas sedang scrolling, kamu melihat spesifikasi yang dibutuhkan.

Spesifikasi komputer untuk menjalankan game Coral Island (Steam).

Lho, kok gede banget?

Tapi jangan sedih dulu ya teman-teman MedForians, kamu masih punya sinar harapan jika benar-benar ingin main.

Spesifikasi minimal yang tercantum pada laman Steam Coral Island bukanlah menjadi patokan yang kalau dibawah itu langsung tidak bisa main.

“Dari early test kita, di PC-PC sebanding, performa kita (Coral Island) dengan Fortnite sebanding. Jadi, performance goal nya kira-kira segitu.”

Jadi kamu bisa melihat referensi game Fortnite sebagai komparasi sebanding. Jika bisa memainkannya, kamu bisa main Coral Island.

Spesifikasi game Fortnite (PCGameBenchmark).

Lagipula, game dari Stairway Games ini masih dalam tahap pengembangan. Jadi, wajar saja jika para developer masih belum benar-benar yakin spesifikasi paling rendah apa yang aman.

Sudah Punya Komunitas dan Terbuka untuk Ekspansi

Animasi Ayam (Stairway Games).

Sistem early access yang dipilih untuk perilisan game ini. Bukan memilih untuk langsung rilis penuh, namnun menconba untuk berkembang bersama komunitas.

“Mereka yang di Discord, mereka join, belum ada apa-apa, bisa berinteraksi bersama developer. Jadi kayak ngasih-ngasih input kenapa gak coba begini lho, coba begitu.” kata Soma dengan antusias.

Saat para developer merilis update terbaru terhadap game ini, mereka juga mendapatkan masukkan dari komunitas

“Ada elemen itu lho, kayak bisa being involved di pembuatan game. Jadi inputnya bisa langsung didengar.” lanjutnya

Kalau melihat game saat ini, rerata sudah memiliki fitur untuk terkoneksi dengan internet. Baik itu hanya sekadar sinkornisasi akun atau sampai bermain dengan teman, sudah pasti ada.

Kemungkinan mereka akan memberikan fitur online atau multiplayer pada game ini karena banyak orang yang berminat.

“Secara teknis harusnya bisa, mungkin 80-90% yakin bisa, cuma tidak bisa bilang 100% bisa karena belum yakin, gak enak juga.”

Karakter yang Sudah Dibuat untuk Coral Island (Stairway Games).

Para developer juga secara berkala merilis konten dalam bentuk early access untuk melihat resepsi publik. Contoh konten yang dirilis adalah content expression dan beberapa hal lainnya. Konten tersebut tersedia secara ekslusif di kanal Discord mereka.

Kemudian juga, jika kalian perhatikan game buatan Stairway Games ini hanya tersedia untuk para pengguna PC. Namun, para developer tidak menutup kemungkinan untuk merilis game mereka di perangkat lain.

Kamu bisa mengunjungi website resmi mereka untuk mempelajari lebih lanjut.

Selain di PC, para pemain game biasanya menggunakan perangkat mobile mereka, baik itu smartphone atau konsol yang bisa dibawa-bawa, seperti kalau dahulu adalah PSP dan sekarang Nintendo Switch.

Saat ini tim Coral Island akan tetap fokus pada Steam dahulu untuk dapat memberikan karya berkualitas tinggi kepada pemain.

Coral Island Direncanakan Rilis Tahun 2021-2022

Game ini direncanakan akan rilis secara early access pada awal tahun 2021 mendatang. Nantinya, kalian bisa mendapatkan game ini dari Steam. Selanjutnya, game Coral Island baru akan dirilis secara penuh yang direncanakan sekitar awal tahun 2022.

“Yang pasti rilis, dan setelah rilis harapannya bisa dienjoy oleh banyak orang. Harapan utamanya ya (banyak) orang suka.” kata Soma.

Jika kamu berminat, coba kunjungi laman Steam mereka disini ya. Jangan lupa untuk menambahkan Coral Island ke wishlist kamu!

Kamu juga bisa ikut kanal Discord mereka melalui web resmi Stairway Games.

Bersabar ya, tidak ada yang langsung jadi, semua ada prosesnya. Mari kita dukung para kreator berkualitas dari Indonesia~!

Tag

Yehezkiel Frederik

Photography, Technology and Videography Enthusiast

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.