[Liputan] Creators Super Stream (CSS) Vol 2, Ngewibu Tanpa Halangan Ruang dan Waktu

Pop Kultur Jul 16, 2020

Mengikutikesuksean event online Creators Super Stream yang sebelumnya diadakan pada 20 Mei 2020, SOZO selaku Event Organizer dari Anime Festival Asia dan Creators Super Fest kembali mengadakan event Creators Super Stream volume kedua (CSS Vol. 2) yang digelar pada 26 hingga 28 Juni 2020.

Sama seperti volume sebelumnya, Creators Super Fest volume kedua ini kembali menghadirkan Virtual Liver Nijisanji ID sebagai MC selama gelaran acara berlangsung.

Hanya saja, untuk melihat stream ini dikenakan biaya tiket sebesar 20.000 Rupiah perharinya atau 50.000 Rupiah pertiga harinya. Apakah bagi kami worth itu atau tidak akan kami bahas di akhir artikel.

Risa dan Miyu sebagai MC Utama CSS (Media Formasi).

CSS Vol 2, Lebih Ramai, Lebih Meriah

Gelaran CSS Vol 2 sendriri dilaksanakan selama 3 hari dengan masing-masing hari berlangsung selama 3,5 jam dengan tema yang berbeda-beda pula tiap harinya, yaitu Virtual Day, Art Day, dan Cosplay Day.

Bicara tentang bintang tamu, CSS Vol. 2 kali ini bintang tamu yang diundang semakin banyak dan juga tak sembarangan, berikut daftar bintang tamu yang hadir pada gelaran CSS vol. 2 selama 3 hari,

Hari Pertama (Virtual Day):

  • Hololive Indonesia
  • Mahapanca

Hari Kedua (Art Day):

  • Pandaclip
  • Asuka111
  • Mess
  • AIraini Iofiteen dan Amicia Michella

Hari Ketiga (Cosplay Day):

  • Angie
  • Hikarin
  • Thames Malerose
  • Yukiko

CSS Vol 2 Day 1, Virtual Day

Gelaran hari pertama diwarnai dengan hype yang sangat besar, tercatat lebih dari 450 orang menghadiri CSS Vol 2 dan menjadi hari dengan penonton terbanyak sepanjang gelaran acara.

Hari pertama diawali dengan Virtual Apperance dari Hololive Indonesia, pada acara pertama kali ini Hana Macchia dan Zea Cornelia berkesempatan untuk menjadi pembawa acara. Sebelumnya Risu, Moona, dan Iofi diberi kesempatan untuk memperkenalkan diri terlebih dahulu, setelahnya Hana dan Zea melakukan perbincangan dengan trio Hololive Indonesia.

Sebelum memasuki agenda selanjutnya, terdapat selingan acara dimana 8 VTuber diundang untuk mengikuti 100 Seconds Challenge. Sebuah tantagan dimana 8 Vtuber terpilih oleh staff ditantang untuk mempromosikan dirinya masing-masing selama 100 detik, Vtuber yang diundang untuk mengikuti adalah Andi Adinata, Alia Adelia, Mia Canasyna, Evelyn, Mintchan, Rei  Galiei dan Azura Cecillia.

Para V-Tuber sedang bermain Gang Beats (Media Formasi).

Selanjutnya, para V-Tuber bermain bersama dalam sesi main bareng (mabar) Gang Beats.

V-Tuber dari Maha5 (Media Formasi).

Setelahnya, acara Virtual Apperance tetapi kini tamu yang hadir adalah duo kakak beradik dari Maha5 (Mahapanca), Andi Adinata dan Alia Adelia. Dengan MC yang mendampingi adalah Nara Haramaung dan Layla Astoemeria.

Sama seperti sesi pertama, Andi dan Adelia ditanyai beberapa pertanyaan sama seperti sesi pertama. Diakhir sesi staff memberikan sebuah teaster yang menandakan bahwa 3 VTuber baru Maha5 akan debut dalam waktu dekat.

V-Tuber baru dari Maha5 (Media Formasi).

Apakah kalian tahu siapa saja mereka?

Stream hari pertama ditutup dengan pengumuman rilis SIN o Alice dan juga pengumuman audisi wave ke 4 Nijisanji ID

Day 2, Art Day

Sama seperti hari pertama, hari kedua dibuka dengan Interview bersama dengan beberapa artist ternama seperti author dari Pandaclip, Ikazu 401, Mess, Asuka111 dari Thailand serta Airani Iofiteen dan Amichia Michella dari Hololive Indonesia dan Nijisanji ID.

Di setiap sesinya, narasumber menceritakan kisah perjalanan lika liku karir dan tujuan mereka sebagai artist sambil memperlihatkan timelapse pengerjaan karya maskot dari CSS Vol. 2 yang bernama Krea banyak poin menarik yang berhasil dibawakan oleh narasumber dan juga mc sehingga acara tidak berlangsung membosankan bagi para penonton.

Sementara itu Lofi dan Cia saling bertukar artwork dimana Cia menggambar Iofi dan sebaliknya.

Di akhir stream, Riksa dan Miyu mengumumkan pemenang dari kontes fanart Krea Challenge dimana pemenangnya berhak mendapatkan tabungan 500.000 Rupiah dari sponsor.

Day 3, Cosplay Day

Hari terakhir gelaran CSS Vol. 2 diwarnai dengan kedatangan tiga cospalyer ternama di kancah Internasional, yaitu Angie, Hikarin, Thames, dan Yukiko. Berbeda dengan hari pertama dan kedua, pada hari ketiga keempat bintang tamu hadir secara bersamaan melalui video call untuk berbagi kisah mereka dalam karir cosplay. Salah satunya adalah menunjukkan prgress masing-masing cosplay terlama dan cosplay terbaru/terbaik.

Sama seperti hari pertama, pada hari ketiga juga terdapat challenge yang dimana cosplayer terpilih diberikan kesempatan untuk mempromosikan diri dan diberi nama  Virtual Coscard Gacha.

Agar tak membosankan sepanjang acara, tak lupa ada games yang cukup menghibur bagi para penonton. Ada dua games yang diadakan, yaitu tebak kata melalui skribbl.io dan juga tebak emoji. Keduanya cukup menghibur penonton selama galaran acara berlangsung.

Setelahnya gelaran CSS Vol. 2 ditutup oleh Riksa dan juga Miyu sebagai MC utama, tak hanya penulis semua penonton mengutarakan kesedihannya melalui live chat yang tersedia. Otsukare semuanya!

Terima kasih banyak untuk SOZO sebagai event organizer dari AFA dan juga CSS yang telah menyelenggarakan acara dengan lancar dan juga tanggap atas keluhan yang dihadapi para penonton. Juga, Nijisanji ID dan staff lainnya yang telah bekerja keras sehingga penonton tak jenuh dan juga puas selama gelaran berlangsung.

Tag

Muhammad Ferdyan Syahputra

Seorang anak Madrasah Aliyah yang nontonnya motorsport dan anime slice of life.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.