Kumpulan iPhone 12 Baru dan HomePod Mini Diluncurkan di Apple Event Oktober Ini

Teknologi Okt 14, 2020

Melanjutkan event bulan sebelumnya, Apple kembali mengumumkan produk barunya lagi bulan ini.

Seperti yang telah dirumorkan bulan lalu, Apple meluncurkan kumpulan iPhone 12 baru pada Apple Event Oktober ini yang bertajuk "Hi, Speed.".

Perusahaan asal California tersebut meluncurkan 4 ponsel baru dalam jajaran iPhone 12. Tak hanya itu, Apple juga meluncurkan perangkat HomePod baru.

Apa saja produk-produk baru yang diluncurkan bulan ini?

Empat seri iPhone 12

Apple meluncurkan 2 varian iPhone 12 reguler, yakni versi Mini dengan ukuran layar 5.4 inch dan versi reguler dengan ukuran layar 6,1 inch. Kemudian ada juga iPhone 12 Pro dengan ukuran layar 6,1 inch dan 12 Pro Max dengan ukuran layar 6,7 inch, yang memiliki spesifikasi yang lebih tinggi.

Memiliki bodi seperti iPhone 5, namun dengan susunan layar dan kamera layaknya iPhone 11, kesemua model iPhone baru ini dilapisi Ceramic Shield yang membuatnya kokoh dan tahan banting, 4x lebih baik dari sebelumnya.

Kesemua model iPhone mulai dari seri reguler hingga seri Pro diotaki chip Apple A14 Bionic, chip 5nm pertama di dunia, yang juga mendukung jaringan 5G. Chip ini memiliki 6 core CPU, 4 core GPU, dan Image Signal Processor.

Perbedaan antara iPhone 12 reguler dengan seri Pro terletak di bagian kamera belakang. Jika seri Mini dan reguler dilengkapi kamera ultrawide 12MP dan 12 MP wide angle, pada seri Pro dan Pro Max ditambah lagi 1 lensa telefoto 12MP. Kamera-kamera ini juga didukung pemrosesan gambar secara terkomputerisasi, dan perekaman video Dolby Vision. Untuk kamera depannya sendiri, ada kamera True Depth yang sempurna untuk berswafoto saat gelap.

Kesemua seri iPhone 12 dapat merekam video hingga resolusi 4K dengan frame rate 60fps. Khusus seri iPhone 12 Pro dan Pro Max, kamera belakangnya dilengkapi scanner LiDAR.

Meski berbeda dari ukuran layar, kesemua model iPhone 12 baik seri reguler maupun Pro dilengkapi layar berponi Super Retina XDR, layar OLED kustom yang dikembangkan Apple.

Kesemua seri iPhone ini juga dilengkapi MagSafe, sistem magnet dengan berbagai fitur, seperti pengisian daya secara wireless, hingga dompet yang dapat diletakkan di belakang ponsel.

Selain itu, iPhone 12 reguler dan Mini memiliki 5 warna baru, hitam, putih, PRODUCT Red, hijau, dan biru. Sementara seri Pro dan Pro Max memiliki 4 warna, silver, grafit, emas. dan yang terbaru, Pacific Blue.

iPhone 12 Mini dihargai mulai 699 Dollar Amerika, sedangkan seri regulernya dihargai mulai dari 799 Dollar Amerika. Sementara seri Pro dihargai mulai dari 999 Dollar Amerika, dan Pro Max dihargai mulai dari 1099 Dollar Amerika. Otomatis, harga seri terdahulu seperti iPhone SE 2020, iPhone XR. dan iPhone 11 turun 100 Dollar Amerika.

Seri reguler dan Pro dapat dipesan secara pre-order mulai 16 Oktober mendatang, dan akan tersedia di pasaran minggu depannya pada 23 Oktober. Sementara seri Mini dan Pro Max baru dapat dipesan pada 6 November dan tersedia di pasaran pada 13 November.

HomePod Mini

Tak hanya iPhone, Apple dalam acara ini juga turut memperkenalkan HomePod Mini, spiker cerdas yang tentu saja, mini. Ibarat pepatah, kecil-kecil cabe rawit, dengan ukurannya yang hanya 3,3 inch, di dalam HomePod Mini ditanam sejumlah teknologi yang membuatnya tak cuma cerdas, namun juga bersuara mantap.

HomePod Mini ditanami chip Apple S5, mikrofon yang selalu siap mendengar perintah "Hey Siri", permukaan sentuh yang dapat mengatur volume, mengulang, melompat lagu, hingga menyetopnya. Bahkan permukaan ini juga dapat membantu dalam berkomunikasi dengan Siri.

HomePod Mini didesain untuk bekerja pada berbagai program mulai musik, podcast, hingga radio. Kedepannya berbagai platform seperti Pandora dan Amazon Music juga akan didukung spiker cerdas ini.

Saking cerdasnya, HomePod Mini ini juga dapat digunakan sebagai salah satu bagian rumah cerdas, dan interkom. Tak hanya iPhone, perangkat lain seperti iPad, Mac, AirPod, Apple Watch, hingga CarPlay juga dapat terhubung. HomePod Mini akan tersedia dalam warna putih dan space gray, dan spiker cerdas ini bisa kalian dapatkan dengan harga 99 Dollar Amerika.

Tag

Muhammad Ferdiansyah

Write. Design. Learn. Media/Tech/J-Pop Enthusiast.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.