Cermati 4 Hal Penting Ini Supaya Tidak Mudah Tertipu Program Undian Berhadiah!

Teknologi 22 Des 2020
Ilustrasi upaya penipuan klasik melalui SMS dari nomor tidak dikenal yang mengatasnamakan seseorang atau instansi (Foto: Istimewa/Media Formasi).

Masyarakat perlu tetap waspada terhadap modus penipuan berkedok undian berhadiah karena berdasarkan data dari Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), serangan siber dari Januari hingga Agustus telah tercatat 189.937.542 kasus atau hampir lima kali lipat dari tahun sebelumnya.

Salah satu modus yang paling banyak tercatat adalah ‘phising’.

Apa Itu Phising dan Mengapa Banyak Orang yang Tertipu Dengannya?

Secara sederhana, ‘phising’ dilakukan penipu dengan cara memberikan calon korban tautan ke sebuah situs web palsu yang akan mencuri data pribadi korban seperti nama lengkap, alamat, hingga nomor kartu kredit atau bentuk identitas perbankan lainnya.

Untuk menggiring korban agar bersedia mengklik tautan pencuri data tersebut, pelaku memberi iming-iming berbagai hal, salah satu yang paling sering ditemui adalah penipu mengatakan korban baru saja menang sebuah program undian berhadiah.

Baca juga: Resmi Rilis, Ayo Mainkan Game FAIRY TAIL: Force Unite di Ponsel Kamu!

Kemudian, untuk mendapatkan hadiah tersebut, korban perlu mengklik tautan palsu atau mentransfer sejumlah uang dengan berbagai alasan.

Modus penipuan ini marak ditemukan pada layanan SMS, aplikasi chatting, ataupun media sosial. Para penipu juga secara ulung mendandani akun digital mereka semirip mungkin dengan akun resmi merek-merek terkenal, lengkap dengan logo, bahkan pada beberapa kasus mencatut nama pejabat publik.

Suatu Contoh Pelanggaran Hukum Zaman Modern

Selain itu, perlu juga dipahami bersama bahwa bentuk-bentuk penipuan tersebut merupakan salah satu pelanggaran hukum yang dapat melanggar Pasal 378 Kitab Undang-Undang Hukum Pidana serta Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika Nomor 9 Tahun 2017, yang dapat berdampak kepada sanksi pidana penjara bagi pelaku.

Lalu, bagaimana masyarakat bisa menghindari modus penipuan berkedok undian berhadiah?

“AQUA selaku penyelenggara program undian #HatiHarusOptimis yang tengah berlangsung mengimbau agar masyarakat selalu cermat ketika menerima informasi terkait undian berhadiah,” kata Marketing Manager AQUA Jeffri Ricardo. “Kenali tanda-tanda informasi yang mencurigakan dan jangan segan menghubungi call center penyelenggara.”

Jadi Bagaimana Cara Kamu Tidak Mudah Tertipu?

Berikut adalah empat hal yang masyarakat dapat cermati ketika menerima informasi terkait undian berhadiah:

1. Cermati Alamat Situs Web (URL) yang akan Diklik

Modus ‘phising’ akan mengarahkan calon korbannya ke alamat situs web palsu yang mirip dengan situs web yang asli. Bagi mata yang kurang cermat, besar kemungkinan alamat-alamat palsu ini terlihat sama dengan yang asli. Untuk itu, pastikan Anda telah mengetahui situs resmi dari penyelenggara undian berhadiah dan mengenali tampilan pada halaman situs tersebut.

Contoh situs palsu yang mengatasnamakan e-commerce LAZADA (Perguruan Tinggi Indonesia Mandiri).

Contohnya, AQUA menggunakan situs web www.sehataqua.co.id untuk menampilkan seluruh informasi promosinya, termasuk undian berhadiah #HatiHarusOptimis. Namun, penipu dapat menggunakan alamat seperti www.sehatagua.com, www.sehataqua-resmi.com, atau www.sehtaqua.co untuk mengecoh konsumen yang kurang cermat.

Baca juga: [Review] Majo no Tabitabi: Suka Duka Menjadi Seorang Musafir di Dunia Sihir

2. Cermati Pengirim Pesan yang Menghubungi Anda

Modus penipuan dapat dilakukan melalui berbagai platform, salah satu yang umum digunakan adalah WhatsApp. Salah satu cara yang paling efektif untuk  mengantisipasi modus penipuan adalah memperhatikan nomor akun yang menghubungi Anda.

Contoh informasi akun WhatsApp for Business yang benar (Engadget).

Contohnya, jika Anda dihubungi oleh akun bisnis WhatsApp yang mengaku sebagai perwakilan dari penyelenggara undian berhadiah, cermati nomor yang tertera pada akun bisnis tersebut. Pastikan nomornya sesuai dengan nomor yang tercantum di situs dan media sosial resmi pihak penyelenggara.

Program #HatiHarusOptimis hanya akan menghubungi Anda secara resmi melalui WhatsApp. Jika nomornya berbeda, apalagi nomor tersebut meminta data pribadi dan informasi sensitif lainnya, pastikan Anda segera melaporkan akun tersebut ke pihak WhatsApp agar dapat segera ditangani.

Pilihan blokir dan laporkan pada kolom chat WhatsApp (AQUA).

Untuk melaporkan nomor yang tidak Anda kenal di WhatsApp, Anda dapat mengetuk pilihan "Laporkan Kontak/Report" secara langsung dari kolom chat.

Setelah itu, sistem WhatsApp akan secara otomatis menerima pesan dan informasi dari berbagai interaksi Anda dengan akun yang Anda laporkan. Apabila pesan tersebut dinyatakan melanggar ketentuan layanan WhatsApp, maka WhatsApp akan memblokir akun tersebut.

3. Waspadai Segala Bentuk Permintaan Informasi Pribadi dan Pemungutan Biaya

Verifikasi data dalam penyelenggaraan undian berhadiah adalah hal yang lumrah dilakukan. Pada tahap inilah, Anda selaku peserta undian berhadiah rentan terhadap aksi penipuan yang berkedok verifikasi data pribadi atau pemungutan biaya untuk mendapatkan hadiah Anda.

Baca juga: Lumi Hadir di Android! Aplikasi Live Wallpaper N0va Desktop Resmi Rilis di Ponsel

Untuk itu, perhatikan dengan seksama segala informasi syarat dan ketentuan yang berlaku saat mendaftarkan diri untuk mengikuti suatu program, terutama yang bersifat daring.

Informasi yang biasanya dibutuhkan oleh penyelenggara untuk proses verifikasi pemenang antara lain, Nama Lengkap, Nomor Telepon, Nomor Identitas (KTP/SIM), Alamat sesuai kartu identitas, dan bukti nomor undian yang Anda dapatkan.

Selain itu, pada umumnya pihak penyelenggara undian berhadiah tidak akan meminta pelanggan memberikan informasi yang bersifat sensitif, seperti nomor kartu kredit, atau memungut biaya apapun.

Oleh karena itu, Anda harus jeli terhadap segala bentuk informasi pribadi dan biaya yang diminta, baik melalui media sosial, email, ataupun telepon. Tidak ada salahnya memeriksa kembali situs web resmi penyelenggara atau menelepon layanan konsumen untuk memastikan resmi-tidaknya pesan yang Anda terima.

4. Jangan Segan Menghubungi Pihak Penyelenggara Apabila Mendapat Informasi yang Mencurigakan

Penting untuk segera mengambil tindakan ketika menemukan atau menerima informasi yang meragukan dan mencurigakan dari seluruh saluran komunikasi.

Selain melalui telepon, SMS, dan chat di WhatsApp, pelaku umumnya menggunakan saluran komunikasi konvensional dengan mengirimkan selebaran berisi tata cara klaim hadiah hingga surat yang dibuat seolah-olah seperti pengumuman resmi.

Baca juga: Microsoft Ikut Buka Kebijakan Refund Penuh Untuk Cyberpunk 2077

Segera hubungi call center pihak penyelenggara untuk melaporkan adanya potensi modus penipuan dan mencegah diri Anda terjebak ke dalam penipuan.

Apabila Anda telah terlanjur memberikan informasi pribadi yang berkaitan dengan data pribadi, perbankan, atau pengiriman sejumlah uang segera hubungi pihak yang berwajib agar dapat ditindaklanjuti.

Jika memungkinkan, Anda dapat mencatat juga informasi penting seperti nama pelaku, nomor telepon yang digunakan untuk menghubungi Anda, dan waktu kejadian untuk mempermudah proses investigasi dari pihak berwajib.

Kamu juga dapat melaporkan penipuan daring seperti melalui SMS ini ke Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pada situs resmi pengaduan masyarakat pada link Aduan BRTI Kominfo.

Hati-hati Kepada Siapapun yang Mengatasnamakan Orang Lain atau Instansi!

Seiring dengan program #HatiHarusOptimis yang sedang berlangsung, AQUA mengimbau konsumen yang berpartisipasi untuk menerapkan tips di atas untuk menghindari penipuan dan selalu waspada terhadap tindakan mencurigakan yang mengatasnamakan AQUA dan/atau program #HatiHarusOptimis.

Informasi lengkap mengenai program #HatiHarusOptimis dapat diakses melalui situs resmi AQUA di www.sehataqua.co.id atau layanan resmi AQUA Menyapa yang tersedia selama 24 jam di nomor 0800 - 15 88888.

Tag

Yehezkiel Frederik

Photography, Technology and Videography Enthusiast

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.