Intel "Mencak-Mencak", Klaim Core i7 Generasi 11 Lebih Baik daripada Apple M1

Teknologi 8 Feb 2021

Setelah beberapa lama diam atas performa impresif SoC desktop terbaru Apple M1, Intel akhirnya mulai bicara. Kubu biru tampaknya masih menganggap remeh prosesor berarsitektur ARM ini.

Dalam sebuah presentasi, Intel mengklaim bahwa Apple M1 tidak lebih baik daripada Intel Core i7 generasi ke-11. Sama seperti saat mereka nge-diss prosesor AMD Ryzen 4000 Series yang mereka klaim performanya menurun saat menggunakan daya baterai pada November tahun lalu.

Ada 5 poin yang dilemparkan Intel untuk menguatkan klaim ini. Berikut adalah klaim Intel sebagaimana dikutip dari PCWorld.

  • Core i7-1185G7 generasi ke-11 dapat menyamai atau sangat melebihi kinerja M1 di MacBook Pro baik dalam aplikasi native maupun non-native.
  • Dalam masa pakai baterai, Intel lebih baik.
  • MacBook Pro tidak akan cukup untuk disertifikasi sebagai laptop Evo.
  • M1 tidak bisa menjalankan banyak perangkat lunak.
  • MacBook baru memiliki berbagai masalah kompatibilitas, dari beberapa monitor hingga pengontrol gim, serta banyak masalah plug-in perangkat lunak yang terdokumentasi.

Dan tentu saja, ini adalah klaim sepihak oleh Intel, sehingga harus menunggu pihak lain membuktikan apakah klaim-klaim ini bisa diterima atau tidak. Apple M1 bukanlah SoC yang sempurna, sehingga besar kemungkinan jika Apple akan terus mengembangkan SoC desktop yang lebih baik lagi kedepannya.

Keputusan Apple "hijrah" dari Intel ke ARM memang membuat Intel "panas". Namun, di luar itu, langkah ini dipuji banyak pihak, termasuk Presiden Qualcomm, Cristiano Amon.

Dalam wawancara bersama The Verge, ia memaparkan bahwa kesuksesan M1 adalah bukti dari apa yang dipercaya oleh Qualcomm sebagai masa depan komputer.

Ia menambahkan jika keputusan Apple "hijrah" ke arsitektur ARM telah membantu menggerakkan industri silikon menjadi lebih maju. Dan dengan banyaknya aplikasi yang sudah mendukung arsitektur ini, menurut Amon, Qualcomm dan Microsoft berada pada jalur yang benar. Ia juga berpendapat jika ini adalah pertanda baik bagi masa depan perkomputeran.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.