Japan Cultural Weeks 2021 Hadir Secara Virtual Selama Dua Minggu

Pop Kultur 11 Feb 2021
Poster pengumuman rangkaian acara pertukaran budaya Japan Cultural Weeks 2021 (Foto: The Japan Foundation, Jakarta).

Besok (12/02), The Japan Foundation akan membuka rangkaian kegiatan Japan Cultural Weeks 2021 yang akan hadir selama kurang lebih dua minggu sampai penghujung bulan Februari.

Sebagai pusat kebudayaan Jepang di Indonesia, The Japan Foundation, Jakarta setiap tahun menyelenggarakan Japan Cultural Weeks (JCW), rangkaian perkenalan budaya Jepang selama beberapa minggu, sebagai salah satu bentuk pertukaran kebudayaan antara Jepang dan Indonesia.

Berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, seluruh rangkaian kegiatan Japan Cultural Weeks (JCW) tahun ini hadir dengan konsep daring yang akan diselenggarakan pada 12 – 27 Februari 2021 melalui beberapa platform media sosial milik the Japan Foundation, Jakarta.

Beragam kegiatan yang diselenggarakan antara lain demonstrasi Ikebana, Chanoyu, talk tentang animasi, dan diskusi mengenai budaya kerja antara Indonesia dan Jepang.

Baca juga: THE CHARM PARK Rilis Musik Video Untuk Lagu "Sunflower"

Seluruh rangkaian kegiatan dapat dinikmati oleh penggemar budaya Jepang di seluruh Indonesia secara gratis.

Jadwal Japan Cultural Weeks 2021

Poster resmi Japan Cultural Weeks 2021 (The Japan Foundation, Jakarta).

Yonkoma Manga Challenge

Tema: Budaya dan Kehidupan Sehari-hari di Jepang
Pendaftaran: 12 Februari 2021
Deadline: 23 Februari 2021
Info dan Pendaftaran: bit.ly/yonkoma-jcw2021.

Yonkoma manga (4コマ漫画) adalah sebuah format komik strip ala Jepang yang secara umum terdiri dari gambar dalam empat panel berukuran sama dari atas ke bawah. Bekerjasama dengan penerbit Elex Media Komputindo – penerbit buku Seikatsu Kaizen karya Susy Ong yang membahas reformasi polah hidup keseharian masyarakat Jepang selama satu abad - Kegiatan ini menantang sahabat JF dalam menggambar Yonkoma manga dengan tema “Budaya dan Kehidupan Sehari-hari di Jepang.”

japanscope #22

Tema: How Pop Culture Shapes Public Opinion and Politics?
Hari/Tanggal: Sabtu, 13 Februari 2021
Pukul: 10:30 – 12:30 WIB
Pembicara: Daniel Hermawan, Bonni Rambatan
Navigator: Raphaella D. Dwianto, MA., Ph.D.
Live via kanal Youtube the Japan Foundation, Jakarta

japanscope adalah seri diskusi interaktif dan informatif dimana teman-teman bisa belajar tentang Jepang dengan ahli Studi Jepang dengan metode yang berbeda dengan kelas pada umumnya.

Sado: The Way of Tea

Pengenalan Upacara Minum Teh khas Jepang

Hari/Tanggal: Selasa, 16 Februari 2021
Pukul: 14:00 - 15:30 WIB
Live via kanal Youtube the Japan Foundation, Jakarta

Upacara Minum Teh (Sadou) merupakan kebudayaan tradisional Jepang dalam menyajikan teh kepada tamu. Upacara minum teh mengajarkan ketenangan jiwa yang ditampilkan dalam gerakan yang elegan dalam menyeduh teh.

Kami akan mempersembahkan demonstrasi daring upacara minum teh khas Jepang disertai sesi diskusi bersama Asosiasi Chado Urasenke Tankokai Indonesia.

Baca juga: Vibetronic Hadirkan Event Online Bernuansa Sedih "Sad Jikan"

Temu Komunitas

Jadwal Japan Cultural Weeks 01 (The Japan Foundation, Jakarta)

Temu Komunitas Bersama Teater Enjuku.
Hari/Tanggal: Rabu, 17 Februari 2021
Pukul: 14:00 – 15:00 WIB
Live via Instagram (@jf_jakarta)

Temu Komunitas Bersama Jakarta Osoji Club.
Hari/Tanggal: Rabu, 24 Februari 2021
Pukul: 14:00 – 15:00 WIB
Live via Instagram (@jf_jakarta)

Temu Komunitas adalah kegiatan pengenalan komunitas budaya Jepang yang aktif mendukung berkembangnya budaya Jepang di Indonesia. Dalam kegiatan ini, komunitas yang diundang akan berbagi cerita tentang aktivitas dan kegiatannya.

Kali ini, kami mengundang Teater Enjuku, sebuah komunitas teater musikal berbahasa Jepang yang berasal dari kalangan mahasiswa di Jakarta dan sekitarnya serta Jakarta Osoji Club, komunitas nirlaba yang peduli dengan lingkungan dan permasalahan sampah yang ada di kota Jakarta.

Introduction to Study in Japan bersama JASSO

Hari/Tanggal: Kamis, 18 Februari 2021
Pukul: 14:00 – 15:00 WIB
Pembicara: Japan Student Services Organization (JASSO) - Indonesia
Live via Instagram (@jf_jakarta)

Mendapatkan beasiswa merupakan mimpi bagi setiap orang. Ada banyak sumber yang bisa dijadikan referensi untuk mencari informasi mengenai beasiswa ke Jepang, salah satunya adalah Japan Student Services Organization atau yang lebih dikenal dengan sebutan JASSO. Diskusi ini akan memberikan informasi tentang pendidikan di Jepang secara lengkap dan komprehensif.

Lomba Presentasi Bahasa Jepang Tingkat Nasional ke-1 (untuk Siswa Pendidikan Menengah)

Hari/Tanggal: Sabtu, 20 Februari 2021
Pukul:  09:00 – 13:00 WIB
Live via kanal Youtube the Japan Foundation, Jakarta

Bekerjasama dengan Pusat Prestasi Nasional dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI, The Japan Foundation, Jakarta menyelenggarakan "Lomba Presentasi Bahasa Jepang Tingkat Nasional Ke-1” secara daring. Para Siswa Pendidikan Menengah di Indonesia yang merupakan pemenang di tingkat daerah akan berkompetisi dalam memberikan presentasi terbaik bertemakan "Sekolah Impian".

Acara ini didukung oleh Kedutaan Besar Jepang di Indonesia dan disponsori oleh Pan Pacific International Holding, Panasonic Manifacturing Indonesia, MSIG, PT Hoyu Indonesia, Temple University Japan Campus, dan Kesaint Blanc Publishing.

Jadwal Japan Cultural Weeks 02 (The Japan Foundation, Jakarta)

Cerita Cipta Animasi Pendek bersama Ryotaro Miyajima
JCW 2021 x DigiCon6 Asia

Hari/Tanggal: Minggu, 21 Februari 2021
Pukul: 15:00 – 17:00 WIB
Pembicara: Ryotaro Miyajima – Animator
Moderator: Hizkia Subiyantoro – Animator, Juri 22nd DigiCon6 regional Indonesia
Live via kanal Youtube the Japan Foundation, Jakarta

Sebagai co-organizer kompetisi film pendek DigiCon6 Asia di Indonesia selama tiga tahun terakhir, the Japan Foundation, Jakarta telah mendukung konektivitas para sineas muda Indonesia untuk mendapat perhatian dari industri kreatif internasional.

Kegiatan ini akan memberikan wawasan baru mengenai animasi pendek bersama animator Jepang. Kali ini, animator Jepang yang sedang naik daun, Ryotaro Miyajima akan berbicara tentang bagaimana ia membuat animasi dan menunjukkan karya terbarunya “CASTLE” yang telah memenangkan 13 penghargaan di Jepang maupun internasional.

Baca juga: CD Projekt Jadi Korban Serangan Siber, Pelaku Ancam Jual Source Code

Workshop Shiori Ningyo

Hari/Tanggal: Senin, 22 Februari 2021
Pukul: 15:00 – 15:45 WIB
Live via Instagram (@jf_jakarta)

Secara harfiah, Shiori memiliki arti pembatas buku dan Ningyo berarti boneka. Shiori Ningyo adalah pembatas buku pipih bergaya boneka Jepang yang terbuat dari kertas washi yaitu kertas yang dibuat dari serat lokal dengan cara yang tradisional. Dalam Japanese Cultural Week 2021 kali ini, kita akan belajar membuat pembatas buku bergaya Jepang.

Ikebana dari Mata Ikenobo dan Ohara

Hari/Tanggal: Selasa, 23 Februari 2021
Pukul: 14:00 – 15:30 WIB

Pemateri: Ikebana International Chapter 224 Jakarta
Wiwiek Tony Surono (Aliran Ohara)
Tati Tusin (Aliran Ikenobo)
Live via kanal Youtube the Japan Foundation, Jakarta

Ikebana adalah seni merangkai bunga gaya Jepang yang sudah hadir sejak ratusan tahun lalu. Saat ini, beragam aliran dan gaya ikebana muncul. Di Indonesia sendiri, komunitas Ikebana International Chapter 224 Jakarta membawahi tujuh aliran yang berkembang di Indonesia. Pada JCW 2021, kami akan memperkenalkan aliran Ohara dan Ikenobo kepada masyarakat Indonesia.

Jadwal Japan Cultural Weeks 03 (The Japan Foundation, Jakarta)

Pembukaan Pameran Asia Students Package Design Competition (ASPaC)

Hari/Tanggal: Kamis, 25 Februari 2021
Pukul: 19:00 – 21:00 WIB
Live via kanal Youtube the Japan Foundation, Jakarta

ASPaC (Asia Students Package Design Competition) adalah sebuah kompetisi dalam bidang desain kemasan yang diselenggarakan oleh The Japan Foundation, ASPaC Association dan Japan Package Design Association (JPDA) dengan tujuan untuk mengembangkan kemampuan para siswa di seluruh Asia agar memiliki keahlian dibidang konstruksi dan desain kemasan. Karya-karya terpilih pada kompetisi ASPaC Indonesia tahun ini akan dipamerkan secara daring.

Minato Quiz!

Hari/Tanggal: Jumat, 26 Februari 2021
Pukul: 15:00 – 16:00 WIB
*Dengan registrasi
Live via Instagram (@jf_jakarta)

Minato adalah platform belajar bahasa Jepang mandiri yang dikelola oleh The Japan Foundation. Pada kegiatan ini, kami mengajak para pembelajar bahasa Jepang untuk menguji kemampuan bahasa Jepang setingkat A1/A2 dan B1 melalui kuis yang menarik dan interaktif.

Japanese Business Culture Talk Series - Episode 4

Tema: Tantangan Komunikasi Lintas Budaya
Hari/Tanggal: Sabtu, 27 Februari 2021
Pukul: 10:00 – 12:00 WIB
*Dengan registrasi

Pembicara: Dr. Elisa Carolina Marion, S.S., M.Si  -  Senior lecturer & researcher in Japanese Corporate Culture, Japanese Department, BINUS University.
Moderator: Purwoko Adhi Nugroho - Program Officer at The Japan Foundation, Jakarta

Untuk mengatasi kesenjangan bisnis dan budaya kerja antara Indonesia dan Jepang, The Japan Foundation, Jakarta berinisiatif mengembangkan proyek baru untuk memperdalam pemahaman profesional muda Indonesia tentang budaya bisnis Jepang.

Dengan mengadakan talk series bernama Japanese Business Culture (JBC), The Japan Foundation, Jakarta memfasilitasi forum di mana para pakar budaya bisnis Jepang dapat berbagi pengalaman dan pengetahuannya dengan audiens yang lebih luas, khususnya pemuda Indonesia yang tertarik untuk bekerja di perusahaan Jepang, baik di Indonesia maupun di Jepang.

Baca juga: Intel "Mencak-Mencak", Klaim Core i7 Generasi 11 Lebih Baik daripada Apple M1

Rakugo: Seni Bercerita Tradisional Jepang

Hari/Tanggal: Sabtu, 27 Februari 2021
Pukul: 15:30 – 17:00 WIB
*Dengan registrasi
Pencerita: Yanagiya Sankyo Ryūtei Saryū

Pertunjukan dapat disaksikan melalui zoom dan kanal Youtube the Japan Foundation, Jakarta.

Rakugo (落語) adalah seni bercerita tradisional Jepang yang mengisahkan cerita humor yang dibangun dari dialog dengan klimaks cerita yang tidak terduga. Cerita dikisahkan sedemikian rupa sehingga di akhir cerita ada klimaks berupa punch line(disebut ochi atau sage) yang membuat penonton tertawa.

Untuk pendaftaran dan informasi lebih lanjut, kunjungi media sosial the Japan Foundation, Jakarta.

Instagram        : @jf_jakarta
Twitter            : @jf_jakarta
Facebook         : The Japan Foundation, Jakarta
Youtube           : The Japan Foundation, Jakarta
Website           : www.jpf.or.id

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast