Xiaomi Resmi Rilis Redmi Note 10 & Pro, Bawakan Layar FHD+ AMOLED 120Hz hingga Kamera 108 MP

Teknologi 30 Mar 2021
Penampakan ponsel terbaru Xiaomi yaitu seri Redmi Note 10 dengan keunggulan layar AMOLED, kamera hingga 108 MP dan masih banyak lainnya (Foto: Xiaomi Indonesia).

Pada hari ini (30/03), Country Director Xiaomi Indonesia Alvin Tse pada konferensi pers dan peluncuran resmi di kanal YouTube resmi Xiaomi Indonesia mengumumkan dua ponsel terbaru yang secara resmi rilis di Indonesia, yaitu Redmi Note 10 dan Redmi Note 10 Pro.

Hari ini merupakan hal yang spesial karena seri Redmi Note 10 adalah ponsel terbaru dari Xiaomi yang memberikan fitur tercanggih dengan harga terjangkau agar dapat diakses oleh semua orang.

Apa yang Baru di Redmi Note 10?

Salah satu member JKT48, Shani, memegang ponsel seri Xiaomi Redmi Note 10 (Foto: Xiaomi Indonesia).

Seperti biasa, Xiaomi selalu membawakan spesifikasi tinggi dengan harga murah. Kali ini pada seri ke 10, ada beberapa teknologi baru yang pertama kali dibawa oleh Xiaomi ke rentang harga cukup terjangkau.

Keunggulan dua ponsel terbaru Xiaomi kali ini adalah keputusan baru yaitu untuk membawakan teknologi layar AMOLED pada ponsel murah. Sebelumnya, Xiaomi belum pernah menggunakan tipe layar tersebut pada lini Redmi Note.

Keunggulan Seri Redmi Note 10

Peluncuran Redmi Note 10 dan Redmi Note 10 Pro secara virtual oleh Alvin Tse, Country Director Xiaomi Indonesia (Foto: Xiaomi Indonesia)

Pada Redmi Note 10, Xiaomi membawakan layar super AMOLED dengan resolusi 1080 x 2400 pixel dan rasio layar 20:9. Layar ini sudah mendukung kecerahan 450 nits dengan penggunaan standar dan kecerahan maksimal 1100 nits. Pada versi Pro, spesifikasi layarnya juga sama dengan perbedaan kecerahan 1200 nits dan dimensi layar sebesar 6.67 inci dibandingkan 6.43 inci untuk versi normal.

Untuk memanfaatkan kualitas layar yang luar biasa bagus dan pertama di seri Redmi Note ini, maka harus didukung juga dengan mesin dan kamera yang mumpuni.

Redmi Note 10 kali ini dibekali dengan chip Qualcomm Snapdragon 678 dengan konfigurasi 2 x 2.2 GHz Kryo 460 Gold dan 6 x 1.7 GHz Kryo 460 Silver. Sedangkan, untuk Redmi Note 10 Pro dibekali dengan chip 1 kelas diatasnya, yaitu Qualcomm Snapdragon 732G dengan konfigurasi 2 x 2.3 GHz Kryo 470 Gold dan 6 x 1.8 GHz Kryo 470 Silver. Masing-masing chip dibekali dengan mesin pemrosesan grafis Adreno 612 dan Adreno 618.

Sama seperti Redmi Note 7, ponsel Redmi Note 10 dibekali dengan 48 megapiksel kamera utama (f/1.8, dual pixel), namun dengan perbedaan konfigurasi quad-camera. Selain kamera utama tersebut, terdapat lensa telemakro (f/2.2, 2 MP) dengan zoom 2x, kamera ultrawide 118 derajat (f/2.4, 5 MP) dan terakhir adalah depth sensor (f/2.4, 5 MP).

Baca juga: [AutoTekno] Wuling Kenalkan Almaz RS dan Logo Barunya di Indonesia

Untuk Redmi Note 10 Pro, terbosan pertama di mid-range diberikan oleh Xiaomi untuk para Mi Fans, yaitu dengan menggunakan kamera utama dengan resolusi 108 megapiksel (f/1.9, dual pixel PDAF). Dengan konfigurasi quad-camera, terdapat modul kamera lainnya seperti ultrawide 118 derajat (f/2.2, 8 MP), makro (f/2.4, 5 MP), dan depth sensor (f/2.4, 2 MP).

Ponsel tersebut mampu merekam hingga 4K di 30 FPS atau 1080p di 30/60 FPS.

Untuk modul kamera depan, keduanya dibekali satu kamera dengan teknologi Dot Display yaitu 13 megapiksel (f/2.5) untuk versi reguler dan 16 megapiksel (f/2.5) untuk versi pro.

Bawakan UFS, Dual Speaker, hingga NFC

Peluncuran Resmi seri Redmi Note 10 secara Virtual oleh Xiaomi Indonesia.

Selain teknologi tersebut, terdapat juga fitur-fitur tambahan dan yang tentunya wajib untuk ponsel Xiaomi. Fitur-fitur salah satunya adalah UFS 2.2 dengan teknologi WriteBooster. Dengan menggunakan UFS daripada eMMC, maka kecepatan penyimpanan internal akan jauh lebih cepat dan dapat menghasilkan pengalaman terbaik untuk pengguna dan Mi Fans.

Keduanya sudah menggunakan Android 11 dengan lapisan spesial dari Xiaomi yaitu MIUI 12.

Redmi Note 10 merupakan ponsel Redmi Note pertama yang menggunakan selain AMOLED, juga menggunakan konfigurasi Dual Speaker untuk meningkatkan pengalaman pengguna baik saat bermain game, nonton video, hingga kegiatan lainnya.

Salah satu fitur yang paling dinantikan di seluruh ponsel Xiaomi, terutama Redmi Note, adalah keberadaan NFC. Fitur ini memungkinkan untuk memindai kartu atau benda lainnya yang menggunakan NFC untuk menyimpan data. Contohnya, pengguna dapat mengecek saldo e-Money menggunakan NFC bawaan ponsel daripada harus cek dengan perangkat khusus.

Kabar baiknya, Redmi Note 10 Pro sudah dibekali dengan NFC, suatu fitur yang sangat dinantikan dan akan memudahkan kehidupan pengguna, terutama di zaman sekarang.

Baca juga: Tidak Sedang Bercanda, ByteDance akan Caplok Moonton!

Kedua ponsel ini sudah pastinya dibekali kapasitas baterai yang besar, yaitu dengan masing-masing sebesar 5000 mAh dan 5020 mAh. Keduanya sudah mendukung teknologi Fast Charging hingga 33W dan charger bawaan yang mampu menghantarkan daya tersebut ke ponsel.

Headphone jack 3.5 klasik pun tidak ditinggalkan Xiaomi untuk memastikan fungsionalitas terbaik bagi pengguna.

Terdapat juga fingerprint scanner yang sekarang bukan berada di belakang ponsel tapi di sebelah samping ponsel.

Harga dan Penjualan

Contoh hasil foto menggunakan Xiaomi Redmi Note 10 dengan keadaan dalam ruangan (Foto: Xiaomi Indonesia).

Kedua ponsel terbaru dari Xiaomi ini akan mulai dijual secara resmi tidak jauh dari tanggal peluncuran, yaitu tepatnya pada hari Selasa, 6 April 2021 pukul 13.00 WIB.

Ponsel ini akan tersedia seperti biasa di situs dan toko resmi Xiaomi Indonesia (Mi Shop) dan para mitra yang bekerja sama, seperti Shopee untuk Redmi Note 10 Pro, Lazada dan Akulaku untuk Redmi Note 10, dan rekan lainnya seperti Erafone.

Untuk harga, Xiaomi Redmi Note 10 untuk versi RAM 4GB dan penyimpanan internal 64GB akan dijual dengan harga Rp2.399.000.

Untuk Xiaomi Redmi Note 10 Pro dengan versi RAM 4GB dan penyimpanan 64GB akan dijual dengan harga Rp3.499.000. Terdapat juga versi yang lebih tinggi yaitu RAM 8GB dan penyimpanan 12GB dengan harga Rp3.899.00.

Masih memegang prinsip yang sama dari dulu, ponsel seri Redmi dan Redmi Note sudah pasti membawakan teknologi terbaik untuk masyarakat luas, sehingga semua orang dapat menikmati perkembangan pesat pada zaman ini.

Apa bedanya Seri Ponsel Mi dan Redmi?

Alvin Tse mengatakan bahwa perbedaan mendasar dari Mi dan Redmi adalah target pasar. Ponsel Xiaomi Mi series selalu membawakan semua teknologi terbaru dan termuktahir untuk masyarakat dunia.

Sedangkan, Redmi memiliki tujuan yang sedikit berbeda, yaitu membawakan teknologi terbaik dengan harga yang terjangkau. Artinya, sosok Country Director Xiaomi Indonesia tersebut mengatakan bahwa Xiaomi menargetkan bagaimana cara memberikan teknologi canggih pada ponsel pintar ke masyarakat umum seluas-luasnya.

Baca juga: BanG Dream! akan Berkolaborasi dengan Gawr Gura dari Hololive EN!

Tim yang berada di belakang pengembangan Redmi selalu berpikir opsi terbaik untuk memberikan teknologi terbaru dan terbaik dan membuat teknologi tersebut tersedia untuk semua orang.

Salah satu contohnya adalah membawakan layar AMOLED, tipe penyimpanan UFS, kamera hingga 108 megapiksel, dan masih banyak lagi.

Dengan harga sekitar 2 juta dan 3 juta untuk versi Pro, kedua ponsel dari Xiaomi ini akan memberikan sensasi teknologi terbaru kepada setiap pembeli dan para Mi Fans.

Mengapa Ponsel Xiaomi Harganya Cukup Terjangkau?

Selain dari kebijakan internal Xiaomi yaitu untuk mengambil keuntungan maksimal sebanyak 5%, terdapat beberapa kebijakan lain yang pada akhirnya akan menguntungkan baik untuk perusahaan dan para pembeli.

Xiaomi selalu mengandalkan iklan secara daring, terutama dari media sosial. Teknik ini memungkinkan perusahaan asal China tersebut memangkas pengeluaran dan memfokuskan sumber daya yang ada untuk mengembangkan ponsel terbaik bagi Mi Fans dan pengguna lainnya.

Tag

Yehezkiel Frederik

Photography, Technology and Videography Enthusiast

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.