Apple Event April 2021: AirTag, iMac Baru, iPad Pro dengan Chip M1, dan Lainnya

Teknologi 21 Apr 2021

Setelah sebelumnya banyak bocoran mengenai Apple Event di tahun ini, akhirnya pada 20 April waktu setempat, Apple menyelenggarakan event virtual pertamanya di tahun 2021.

Ajang Apple kali ini bertemakan "Spring loaded", plesetan dari kata Spring yang dapat berarti "musim semi" dan "pegas", terlihat dari desain logo untuk acara ini.

Apa saja yang baru dari Apple Event pertama di 2021 kali ini? Simak selengkapnya dalam artikel kali ini!

AirTag

Setelah rumor dari berbagai sumber yang telah beredar sejak tahun lalu tentang kepastian peluncuran tag pelacaknya sendiri, akhirnya jawabannya telah hadir.

Apple akhirnya resmi meluncurkan AirTag, sebuah aksesori tag pelacak yang dapat membantu penggunanya mencari barang-barang penting dengan iPhone, iPad, atau iPod Touch.

Seperti aksesori dari Apple lainnya, AirTag dapat dihubungkan secara mudah. Setelah dihubungkan dengan perangkat Apple milik pengguna, AirTag dapat digantungkan di berbagai barang yang mudah hilang seperti kunci, tas, dan lainnya. AirTag juga dilengkapi sertifikasi IP67 tahan air dan debu.

Pengguna dapat melacak barang-barang yang telah diberi AirTag dengan menggunakan aplikasi Find My dari perangkat mereka.

Setiap AirTag dapat dikutomisasi baik secara fisik maupun di aplikasi Find My. Pengguna dapat mengkustomisasi AirTag mereka dengan emoji atau tulisan ketika memesannya dari situs Apple, dan memberi nama kustom di aplikasi Find My.

AirTag dibekali dengan chip U1 yang memungkinkan pengguna iPhone 11 dan 12 mendapatkan detail lebih saat melacak AirTag mereka selama masih dalam jangkauan Bluetooth iPhone.

Jika AirTag jauh dari jangkauan Bluetooth, pengguna masih dapat melacak perangkat mereka dengan bantuan Find My Network, menggunakan setiap iPhone yang berpartisipasi untuk membantu melacak setiap AirTag di sekitar. Apple mengklaim teknik ini tidak akan mengganggu privasi penggunanya.

Apple juga menyediakan aksesori tambahan untuk AirTag, mulai dari Polyurethane Loop, Leather Loop dan Leather Key Ring, hingga edisi khusus AirTag berkolaborasi dengan brand fashion Hermes.

AirTag dijual seharga 99 Dolar AS untuk 4 buah, atau 29 Dolar AS satuannya. Pre-order dimulai Jum'at ini, dan AirTag tersedia di pasaran per 30 April mendatang.

iMac Serba Baru

Setelah sekian lama, akhirnya iMac tampil dengan desain baru dan jeroan Apple M1

Pembaruan terbesar datang dari lini iMac. Setelah sekian lama iMac memiliki desain yang sama, akhirnya Apple meluncurkan desain baru komputer All-in-one mereka, ini berkat prosesor M1 yang kini telah hadir di iMac.

Dengan prosesor Apple Silicon tersebut, iMac kini tampil jauh lebih tipis ketimbang pendahulunya dengan bahasa desain mirip iPhone dan iPad yang lebih "kotak". Layar dari iMac juga lebih lebar, dari yang sebelumnya 21,5 inci menjadi 24 inci, lengkap dengan Retina Display beresolusi 4.5K, lapisan anti-reflektif, dan bezel yang lebih tipis.

Secara performa, chip M1 yang jadi andalan Apple membuat iMac diklaim lebih cepat 85% performa CPU-nya, 2x lebih cepat performa GPU-nya, dan 3x lebih cepat performa machine learningnya. Berkat prosesor ini juga, iMac dapat menjalankan aplikasi dan game yang dibuat untuk iOS.

Secara konektivitas, iMac kini menyediakan 4 port USB Type C, dua diantaranya lengkap dengan Thunderbolt yang mendukung layar eksternal beresolusi hingga 6K, dan 2 konektor USB 3 tambahan. Lubang adapter daya juga dilengkapi dengan magnet, dan konektor Ethernet dipindahkan ke adaptor daya iMac yang membuat kabel lebih sedikit berseliweran.

iMac yang sebelumnya hanya ditawarkan dengan warna perak dan hitam berubah menjadi lebih berwarna. Dengan total 7 warna, iMac kini tersedia dalam warna hijau, kuning, jingga, pink, ungu, biru, dan tentu saja perak. Warna bagian belakang dari iMac lebih berwarna ketimbang bagian depannya untuk menjaga minimalitas desain, sebut Apple.

Untuk aksesorinya, Magic Keyboard dan Magic Mouse iMac juga turut diperbarui dengan warna-warna baru yang serupa dengan iMac. Magic Keyboard kini dilengkapi dengan beberapa tombol baru untuk mengakses emoji, menyalakan mode Jangan Ganggu, dan yang paling utama, Touch ID. Pengguna dapat menggunakan Touch ID secara nirkabel untuk berbagai penggunaan, layaknya di Macbook. Apple juga menyediakan Magic Trackpad dan numpad untuk Magic Keyboard.

iMac kini juga dibekali dengan kamera dan mic yang lebih baik, mengingat banyak orang yang masih mengandalkan video-calling dan conferencing untuk bekerja dan belajar dari rumah.

iMac baru ini akan dapat dipesan mulai 30 April dan dibanderol mulai dari 1,299 Dolar AS untuk versi 7-core GPU, dan 1,499 Dolar AS untuk versi 8-core GPU. Kedua versi tersebut ditenagai oleh 8GB RAM terintegrasi dan 256GB SSD, lengkap dengan Wi-Fi 6. Namun untuk versi 7-core Apple tidak menyediakan koneksi Ethernet.

iPad Pro dengan Apple M1

iPad Pro dengan chip M1 dan layar Liquid Retina XDR

Tidak hanya iMac yang dapat pembaruan besar, iPad Pro juga demikian. Kini, tablet yang dijajakan sebagai tablet paling gahar dari Apple ini ditenagai oleh chip M1 yang sama dengan lini Mac mereka.

iPad Pro terbaru ini juga dilengkapi dengan Liquid Retina Display yang memungkinkan tablet ini menampilkan konten HDR dan Dolby Vision. Layar dari iPad Pro ditenagai oleh 10,000 Mini LED dengan tingkat kecerahan maksimal 1600 nits dan rasio kontras layar 1 juta berbanding 1. ProMotion, True Tone, dan dukungan P3 wide color juga menjadi fitur andalan layar iPad Pro ini.

Karena dibekali prosesor M1, iPadOS secara otomatis memanfaatkan kekuatan prosesor tersebut untuk performa paling maksimal. Apple mengklaim performa CPU chip M1 di iPad 50% lebih cepat, dan performa GPU 40% lebih cepat daripada chip A12Z Bionic di generasi iPad Pro sebelumnya.

Kamera depan di iPad Pro kini juga diperbarui dengan lensa ultra-wide 12MP. Dengan fitur Center Stage, kamera tersebut akan otomatis memfokuskan arah kamera mengikuti pergerakan penggunanya. Jika ada lebih dari satu pengguna di depan kamera, maka lensa ultra-wide akan otomatis menangkap gambar seluruh penggunanya.

Selain itu, kapasitas penyimpanan iPad Pro juga ditingkatkan menjadi hingga 2TB, konektor USB Type-C-nya kini dilengkapi dengan Thunderbold, dan juga mendukung koneksi 5G layaknya iPhone 12.

iPad Pro baru ini akan ditawarkan dengan harga mulai dari $799 untuk versi 11 inci dengan Wi-Fi, $999 untuk versi 11 inci dengan Wi-Fi + Seluler, $1,099 untuk versi 12.9 inci dengan Wi-Fi, dan $1.299 untuk versi 12.9 inci dengan Wi-Fi dan Seluler. Semuanya dapat dipesan mulai 30 April dan tersedia mulai pertengahan Mei dengan kapasitas penyimpanan 128GB, 256GB, 512GB, 1TB, dan 2TB.

Pembaruan Lainnya

Apple TV 4K Generasi Baru

Apple TV 4K dengan Remote Control baru

Perangkat boks TV pintar dari Apple ini mendapatkan pembaruan yang cukup signifikan. Kini Apple TV dibekali dengan chip A12 Bionic yang memungkinkan perangkat tersebut memutarkan video HDR dengan frame rate yang lebih tinggi.

Apple TV generasi baru ini juga dilengkapi dengan Siri Remote yang diperbarui. Remote ini kini mendukung gestur-gestur baru, lengkap dengan input sentuhan. Tombol power untuk menyalakan dan mematikan televisi, dan tombol mute juga ditambahkan dalam remote baru ini. Tombol Siri sendiri dipindah ke sisi kanan remote layaknya di iPhone.

Selain itu, Apple memperkenalkan fitur kalibrasi warna dengan iPhone. Ini dimaksudkan agar layar televisi dapat menampilkan konten dengan warna yang lebih akurat tanpa harus mengutak-atik pengaturan di televisi. Pengguna dapat menggunakan iPhone milik mereka yang diarahkan ke layar televisi untuk dikalibrasi warnanya.

Apple TV baru ini akan dijual mulai 30 April di AS dengan harga $179 untuk versi 4K, $149 untuk versi HD, dan Siri Remote juga akan dijual terpisah dengan harga $59.

iPhone (dengan warna) Baru

iPhone 12 dan 12 Mini kini tersedia dalam warna ungu

Apple mengumumkan warna baru dari iPhone 12 dan iPhone 12 Mini, ungu. Varian warna tersebut menjadi pilihan baru dari serangkaian varian warna iPhone 12 yang telah ada sebelumnya.

Ya, hanya itu. Warna baru. Pre-order iPhone 12 varian ungu dimulai pada Jumat mendatang dan tersedia di pasaran 30 April nanti.

Apple Card Family

Apple Card, kartu kredit dengan skema program yang lebih baik untuk menjaga kesehatan keuangan pemiliknya yang diklaim Apple sebagai revolusi baru kartu kredit terbesar yang pernah ada.

Kali ini, Apple kembali dengan fitur Apple Card Family. Fitur ini memungkinkan pengguna dapat menyatukan penggunaan Apple Card untuk keluarga, sehingga semua anggota keluarga mendapat manfaat yang sama dari kartu kredit ini. Apple Card dapat digunakan oleh hampir semua anggota keluarga berusia di atas 13 tahun, dengan batasan penggunaan bagi pengguna anak-anak.

Apple Podcast

Apple Podcast kini diperbarui dengan berbagai fitur baru. Desain UI/UX aplikasi Apple Podcast telah diperbaharui, dengan berbagai fitur yang menunjang kenyamanan pengguna dalam mencari episode dari kreator favorit.

Kemudian Apple meluncurkan Apple Podcast Subscription, di mana pengguna dapat berlangganan secara bulanan untuk mendengar podcast favorit mereka lebih awal, dan mendengarkannya dengan tanpa terganggu oleh iklan.

Fitur langganan berbayar ini memungkinkan kreator podcast mendapatkan penghasilan tambahan untuk menunjang karir podcast mereka.

Bulan depan, fitur baru Apple Podcast di atas akan tersedia di 170 negara di dunia.

Tag

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.