Xiaomi Hadirkan Logo Barunya, Tapi...

Kreasi 1 Apr 2021

Tahun ini ada banyak perusahaan yang melakukan rebranding, mulai dari perusahaan otomotif hingga klub sepakbola. Dan Xiaomi, jadi salah satu diantaranya. Perubahan ini diperkenalkan bersamaan dengan perilisan ponsel lipat pertama mereka, Mi Mix Fold.

Namun, bagi sebagian orang, tak ada yang berbeda antara logo yang lama dengan logo baru ini. CEO Xiaomi, Lei Jun mencoba memaparkan apa yang berubah dari logo anyar ini, selain bentuknya yang tak lagi petak dan menjadi sedikit lebih melingkar.

CEO Xiaomi, Lei Jun, memaparkan perubahan signifikan terhadap logo Xiaomi (Sumber: The Verge)

“Apakah anda kecewa dengan logo ini, karena kami baru saja membuat logo asli kami (menjadi) lebih bulat?” tanya CEO Xiaomi Lei Jun, agak retoris. "Tidak perlu khawatir, karena Xiaomi tidak hanya mengubah bentuk (logo) dari persegi menjadi bulat tetapi juga mengubah semangat internal serta mentalitas brand”, paparnya.

Seperti yang dijelaskan Lei sebagaimana dikutip dari The Verge, logo baru ini merupakan bagian dari perombakan yang lebih besar dari "identitas merek" Xiaomi yang diawasi oleh desainer terkenal Jepang yang merupakan profesor asal Musashino Art University dan presiden Nippon Design Center (NDC), Kenya Hara.

“Logo baru bukanlah desain ulang sederhana dari bentuknya, tetapi merupakan enkapsulasi semangat batin Xiaomi,” kata Hara dalam salah satu segmen video. “Desainnya (sendiri) pada dasarnya adalah cerminan dari konsep 'Alive,'”tambah Kenya.

Pihak Xiaomi menambahkan, bentuk logo baru ini dapat dideskripsikan dengan menggunakan persamaan matematika dan mereka membutuhkan waktu yang cukup lama untuk memilih bentuk mana yang cocok.

Filosofi lengkap dari logo baru ini bisa kalian baca melalui blog Xiaomi berikut.

Tag

Agung Suhendro

Semper Fidelis, Semper Paratus.

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.