Hati-hati, Begini Cara Cek iPhone Asli atau Hasil Curian!

Teknologi 2 Agt 2021
Penampakan ponsel iPhone hasil curian yang berhasil dikunci oleh pemilik asli sehingga tidak bisa digunakan orang lain (Foto: CNET).

iPhone salah satu smarthphone sangat populer di dunia di tengah serbuan ponsel pintar dari negeri ginseng China dan Korea. Banyak pengguna menyukainya karena fitur-fiturnya yang memudahkan penggunaan dalam keseharian.

Namun di balik kepopuleran iPhone, kita harus teliti sebelum membeli iPhone khususnya iPhone bekas. Sebab banyak kasus iPhone curian dan dijual pedagang yang cuma mencari untung.

Melansir dari laman bantuan Apple, OSX Daily, dan CNN Indonesia, berikut adalah cara cek iPhone curian atau bukan sebelum membelinya.

Cek IMEI

Smarthphone saat ini dilengkapi nomor International Mobile Equipment Identity (IMEI). Dengan nomor IMEI, kita juga bisa mengetahui ponsel yang akan dibeli adalah ponsel ilegal atau black market.

Usahakan kita tahu nomor IMEI iPhone sebelum membelinya. Meminta nomor IMEI ponsel dari pedagang memang situasi yang mengenakan. Pedagang pun akan merasa aneh bila ditanya IMEI ponsel yang dijual.

Baca juga: Server Discord Genshin Impact Penuh, Memaksa miHoYo Menciptakan Server Kedua

Untuk memeriksa nomor IMEI iPhone, buka Pengaturan> Umum> Tentang dan scroll ke bawah ke kolom yang tertulis IMEI. Atau, nomor umumnya tersedia di balik ponsel atau kode batang pada kemasan iPhone.

Cara periksa IMEI

Setelah mendapatkan nomor IMEI, masuk ke situs yang disediakan untuk mengecek keabsahan IMEI. Beberapa situs web yang bisa digunakan untuk mengecek IMEI: IMEI Pro, CTIA Stolen Phone Checker (hanya tersedia di AS), Swappa.

Jika hasil pencarian menunjukkan bahwa iPhone masuk dalam daftar hitam karena "mungkin" telah dilaporkan dicuri, dan jangan dibeli. Beberapa situs mungkin menampilkan Find My iPhone dan Activation Lock yang sudah dibuka. Kamu bisa minta penjual untuk menonaktifkan fitur dan coba pindai kembali.

Baca juga: [REVIEW] Kami Mencoba Android 12 Beta 3 Di Ponsel Selain Google Pixel, dan Kami Suka!

Ini salah satu pencegahan yang mutakhir. Bila pedagang mengelak dan mencari alasan, sebaiknya jangan beli iPhone tersebut. ID Apple dan kata sandi yang digunakan untuk mengatur perangkat atau kode sandi perangkat.

Sejauh ini sejumlah orang mungkin belum tahu bahwa iPhone mereka telah dicuri dan belum dilaporkan.

Jangan Beli iPhone Hasil Curian!

Pertama, jangan tergoda membeli iPhone curian meski dijual dengan harga terjangkau sebab kita bisa terganjal masalah hukum. Jika pemiliknya berhasil melacak ponsel mereka, kemungkinan Anda akan menghadapi masalah dilansir appletoolbox.

Kedua, iPhone memiliki banyak fitur keamanan yang dirancang untuk menonaktifkan iPhone yang dicuri atau hilang. Jangan sampai iPhone curian yang dibeli justru tidak bisa digunakan di kemudian hari.

Ketiga, operator membagikan daftar hitam untuk perangkat yang dicuri. Ini secara efektif menonaktifkan slot kartu SIM telepon, jadi bahkan jika Anda berhasil melewati Kunci Aktivasi, jika telepon ada di database daftar hitam kemungkinan pembeli selanjutnya tidak akan dapat menggunakan kartu SIM.

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast