Mata Kamu Tidak Salah, Twitter Mengganti Font Lama Mereka dengan Chirp

Teknologi 12 Agt 2021
Ilustrasi aplikasi media sosial Twitter (Foto: Thanh Niên).

Saat kamu sedang membuka media sosial Twitter untuk rutinitas setiap harimu, kamu mungkin menyadari bahwa ada sesuatu yang tidak beres.

Bukan bug atau apa, ternyata Twitter secara resmi telah mengubah font utama mereka. Sekarang, cuitan dan tulisan yang berada pada aplikasi Twitter berubah menjadi font dengan nama "Chirp".

Perubahan pada tampilan aplikasi tersebut sudah diumumkan pada cuitan terbaru yang sangat singkat di akun resmi @Twitter.

Sudah Direncanakan dari Januari 2021

Perubahan font ini dilakukan sebagai salah satu langkah untuk menyegarkan kembali brand Twitter sesuai dengan apa yang mereka sempat ungkapkan pada bulan Januari 2021 lalu.

Baca juga: Hati-hati Saat Cetak Sertifikat Vaksin, Berpotensi Bocor untuk Hutang Online

Pada tulisan blog Twitter terbaru, mereka mengatakan bahwa "Chirp memberikan keseimbangan antara ketajaman dan 'keberantakan' untuk meningkatkan keseruan saat membuat Tweet, namun juga dapat membawa kesan serius jika diperlukan."

Sebelumnya, font tersebut hanya digunakan di konten promosional saja, bukan dalam aplikasi. Namun, Creative Director Twitter, Derrit DeRouen, pada Januari mengatakan bahwa perubahan ini adalah suatu keinginan pribadinya, yaitu menggunakan Chirp sebagai font utama pada produk-produk Twitter.

Font baru ini ternyata memiliki kejutan khusus dalam bentuk Easter egg. Jika kamu mengetik [CHIRPBIRDICON] pada saat ingin menambahkan Tweet baru, tulisan tersebut akan berubah menjadi logo Twitter dengan warna hitam. Hal ini mengingatkan kita ke fitur lama Facebook yang dapat mengisi emoji tertentu dengan menggunakan kumpulan kata-kata khusus.

Emoticon baru dari Twitter sebagai bentuk Easter egg perubahan terbaru kali ini (Foto: Istimewa).

Perubahan tersebut akan langsung terlihat pada aplikasi Twitter baik itu di Android maupun iOS. Kalau melalui peramban web, maka emoji tersebut baru akan terlihat setelah kamu mempublikasikan Tweet nya.

Baca juga: Robot "Delta" Asal Surabaya Ini Menjadi Asisten Cegah Penyebaran COVID-19

Terdapat Juga Perubahan Kecil pada Tampilan

Perubahan ini tidak terlihat di versi peramban. Kemudian ada kemungkinan tidak semua orang dapat melihat perubahan tersebut. Sehingga masih ada beberapa pengguna yang memakai aplikasi Twitter dengan font lama, namun hal ini kemungkinan tidak akan berlangsung lama.

Selain font, terdapat juga beberapa perubahan kecil yang dilakukan terhadap aplikasi yang tersedia di perangkat Android dan iOS tersebut.

Twitter mengungkapkan bahwa mereka telah memperbaharui penggunaan warna pada aplikasi ponsel mereka, yaitu dengan mengurangi penggunaan warna biru pada platform media sosial berlogo burung tersebut.

Kemudian, perusahaan asal Amerika Serikat itu mengatakan akan membawa warna-warna baru ke platform media sosial mereka. Namun, belum ada detail lebih lanjut mengenai hal tersebut.

Tampilan baru pada aplikasi Twitter yang mengurangi aksen warna biru mereka (Foto: Istimewa).

Salah satu perubahan tersebut dapat kamu lihat pada saat mengunjungi profil seseorang. Sekarang, tombol follow hanya berwarna putih jika sudah mem-follow seseorang. Namun, apabila kamu belum follow, maka tombol tersebut akan berwarna. Hal ini berbanding terbalik dengan tampilan sebelumnya.

Baca juga: Google Terjun ke Dunia Chipset Ponsel dengan Chip "Tensor"

Ada benarnya kalau font ini memberikan sensasi yang lebih "chaotic". Mungkin ini yang dimaksud dari pernyataan sebelumnya yang mengatakan bahwa font ini akan memberikan sensasi keseruan baru saat membaca dan menulis Tweet.

Tentunya sekarang para pengguna Twitter perlu untuk beradaptasi dengan perubahan baru ini. Untungnya tidak banyak yang berubah, tapi ada kemungkinan akan ada hal baru lagi dari Twitter, tinggal menunggu waktu mainnya saja.

Tag

Yehezkiel Frederik

Photography, Technology and Videography Enthusiast

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.