[Mobil Baru Pekan Ini] Mahinda XUV700 Resmi Debut, Hadirkan Voice Command Alexa

Otomotif 15 Agt 2021
Mobil terbaru dari produsen mobil asal India bertipe SUV, yaitu Mahindra XUV700 (Foto: India Car News).

Produsen mobil asal India, Mahindra, meluncurkan SUV terbarunya bernama XUV700.

Mobil yang diluncurkan pada Sabtu (14/8) ini hadir dengan berbagai fitur yang sebenarnya cukup menjanjikan jika mobil ini dijual di Indonesia oleh pihak RMA Group Indonesia (selaku APM Mahindra dan Ford di Indonesia).

Lantas seperti apa fiturnya?

Dimulai dari desain, XUV700 masih mempertahankan desain dari pendahulunya, XUV500, terutama di bagian proporsi dan posisinya. Memang, desain mobil ini bukan selera semua orang, tapi ada beberapa usaha yang dilakukan Mahindra agar mobil ini terlihat cakep.

Baca juga: Samsung Galaxy Z Fold 3 Hadir dengan S Pen Support dan Tahan Air

Misal, dengan lampu depan dengan DRL berbentuk C yang mengingatkan kami akan Renault Koleos, gagang pintu pop-out yang menyatu dengan bodi ala-ala Honda NSX generasi sekarang serta lampu belakang besar dan bersudut.

BTW, XUV700 merupakan SUV pertama Mahindra yang hadir dengan logo baru.

Masuk ke dalam, kamu akan disuguhi dua layar berukuran 10.25 inchi layaknya di mobil-mobil Eropa seperti Mercedes-Benz.

Layar pertama berfungsi sebagai panel instrumen full digital dan layar kedua berfungsi sebagai infotaiment center yang dibekali dengan antarmuka AdrenoX yang sudah terintergrasi dengan Alexa AI Voice Command.

Baca juga: LMYK Rilis MV Lagu Penutup The Case Study of Vanitas "0 (Zero)"

Itu artinya, kalian bisa melakukan "Alexa, Play Despacito" di mobil ini.

Mahindra juga telah mengemas XUV700 dengan sejumlah fitur lainnya, termasuk konektivitas Android Auto dan Apple CarPlay nirkabel, pengisi daya nirkabel, dan sunroof panoramik.

Kemudian, terdapat jugaauto booster headlights, kontrol iklim otomatis dual zone, pembersih udara, elektronik rem parkir, dan pengaturan 12 speaker yang dibuat khusus – termasuk subwoofer – dengan suara surround 3D yang telah dirancang oleh Sony.

Selain itu, Mahindra XUV700 hadir dengan fitur keselamatan otonom yang salah satunya menghadirkan fitur Cruise Control adaptif dengan traffic sign recognition dan sistem pengereman otomatis serta berbagai fitur ADAS lainnya.

Baca juga: Kepolisian Tetapkan Warna Plat Nomor dari Hitam Menjadi Putih

Serta XUV700 juga dilengkapi dengan tujuh airbag, ABS dengan EBD, peringatan suara yang dapat disesuaikan untuk kecepatan, dan sabuk pengaman dengan pangkuan dan retraktor pre-tensioner untuk kursi depan.

XUV700 hadir dengan dua pilihan mesin, mesin bensinnya ditenagai mesin mStallion 2000cc empat-silinder turbo yang menghasilkan tenaga 200 dk dan torsi 380 Nm.

Serta mesin diesel mHawk 2200cc empat-silinder turbo yang menghasilkan tenaga 155 dk (di varian MX) atau 185 dk (di varian AX) dan torsi 360 Nm (di varian MX) atau 420-450 Nm (di varian AX).

Baca juga: Toyota Hadirkan GR Supra Dalam Bentuk Lego Full-Size, dan Bisa Dikendarai!

Kedua mesin itu disalurkan ke transmisi manual dan otomatis yang sama-sama memiliki 6 percepatan, serta ditawarkan juga dengan varian berpenggerak empat roda.

Mengutip Autocar India, XUV700 hadir dalam dua varian, yaitu varian MX dan varian AX, yang dimana di varian AX dipecah lagi menjadi 3 sub-varian, yaitu AX3, AX5 dan AX7. XUV700 dibanderol mulai dari ₹11,99 lakh atau sekitar 232 jutaan Rupiah sampai ₹14,99 lakh atau sekitar 290 jutaan Rupiah *).

Di harga segitu, XUV700 akan berhadapan langsung dengan Hyundai Alcazar, Tata Safari dan MG Hector Plus (a.k.a Wuling Almaz spek India).

Baca juga: Tahun Ini Sharp Berhenti Produksi TV Analog

Lantas, akankah mobil ini meluncur di tanah air? Well, menurut Indra Fathan di akun Instagram pribadinya, XUV700 ini sempat diuji di Jalanan Indonesia. Jadi, apakah kamu tertarik dengan XUV700?

*) Harga yang disebutkan diatas bersifat ex-showroom (belum termasuk pajak kendaraan, biaya registrasi, dll)

Tag

Ilham Purnama Sadik

Seorang Technogeek, graphic design dan Automotive enthusiast yang suka menjelajahi hal baru

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.