Xiaomi Resmi Rilis Mi Mix 4, Bawa Snapdragon 888 Plus hingga Underdisplay Camera

Teknologi 12 Agt 2021
Tampak depan dari ponsel terbaru Xiaomi Mi Mix 4 dengan Qualcomm Snapdragon 888+ hingga Underdisplay Camera (Foto: Xiaomido.ru).

Xiaomi mengumumkan Mi Mix 4, ponsel pertama di Mi Mix series yang diumumkan dalam tiga tahun terakhir. Perangkat pada seri ini dikenal masyarakat hadir dengan desain layar berbezel minim dan layar mulus.

Sementara itu, Mi Mix 4 mengusung ide tersebut dengan mengomersialisasikan teknologi yang telah dikembangkan Xiaomi selama beberapa tahun, yaitu kamera depan yang tersemat langsung di bawah layar.

Underdisplay Camera, Sayonara Notch!

Melansir dari Medcom.id, Suara.com, dan 91mobiles, Xiaomi menyebutkan bahwa teknologi ini diberi nama sebagai Camera Under Panel (CUP), walau memang sekilas serupa dengan kamera depan bawah layar yang dikembangkan oleh produsen smartphone lainnya, seperti Samsung pada produk Galaxy Z Fold 3 terbarunya. Serupa produk karya Oppo dan ZTE, layar Mi Mix 4 memiliki area dengan kepadatan piksel 400ppi.

Baca juga: Mata Kamu Tidak Salah, Twitter Mengganti Font Lama Mereka dengan Chirp

Area tersebut memugkinkan cahaya melalui layar sehingga dapat diterima oleh kamera depan, dan digambarkan Xiaomi sebagai Virtually Invisible. Kamera depan yang diusung Mi Mix 4 tersebut beresolusi 20MP dan layarnya menggunakan panel OLED dengan ukuran 6,67 inci, refresh rate 120Hz, dan resolusi 1080p.

Xiaomi menyebut bahwa CUP merupakan teknologi yang juga ditemukan di tiga generasi utama, selama lima tahun, dengan mengusung 60 paten, didukung investasi senilai USD77 juta (Rp1,1 triliun), dan dikembangkan oleh ratusan teknisi.

Spesifikasi Super Mantap

Penampakan Xiaomi Mi Mix 4 (Foto: Review Plus).

Pada tahun 2020 lalu, Xiaomi berkomitmen untuk memulai produksi massal smartphone dengan teknologi kamera bawah layar layar generasi ketiga pada tahun 2021. Komitmen ini diwujudkan Xiaomi melalui Mi Mix 4.

Sebagai pengingat, Xiaomi mendemonstrasikan ide teknologi ini untuk pertama kalinya pada tahun 2019 lalu. Mi Mix 4 merupakan perangkat pertama yang diumumkan dengan dukungan chipset prosesor Qualcomm Snapdragon 888 Plus baru.

Baca juga: Google Terjun ke Dunia Chipset Ponsel dengan Chip "Tensor"

Chipset tersebut merupakan versi dengan dukungan kecepatan lebih tinggi jika dibandingkan dengan Snapdragon 888 yang mampu mencapai kecepatan clock hingga 3GHz. Prosesor ini didampingi oleh RAM 8GB atau 12GB, serta ruang penyimpanan internal 128GB, 256GB atau 512GB.

Sementara itu, sistem kamera terpusat pada sensor Samsung HMX 108MP, mengindikasikan performa serupa atau identik dengan Mi 11. Smartphone ini juga didukung oleh lensa ultrawide 13MP dan lensa telefoto periskop 5x 8MP.

Mi Mix 4 berbekal baterai berkapasitas 4.500mAh yang dapat diisi via kabel dengan daya 120W dan nirkabel berdaya 50W. Mi Mix 4 bukanlah ponsel pertama Xiaomi yang mendukung teknologi pengisian cepat berdaya 120W, namun digadang sebagai yang tercepat.

Lebih Keren dari seri Mi Ultra?

Xiaomi mengklaim baterai Mi Mix 4 dapat terisi penuh dalam kurun waktu 15 menit, lebih cepat jika dibandingkan dengan Mi 10 Ultra yang dirilis tahun 2020 lalu dan diklaim mampu terisi penuh dalam kurun waktu 23 menit.

Baca juga: Hati-hati Saat Cetak Sertifikat Vaksin, Berpotensi Bocor untuk Hutang Online

Sedangkan teknologi pengisian daya via nirkabel 50W pada Mi Mix 4 ini diklaim Xiaomi membutuhkan waktu selama 28 menit untuk dapat mengisi daya baterai hingga 100 persen. Namun hingga saat ini, Xiaomi baru mengonfirmasi ketersediaan Mi Mix 4 di Tiongkok.

Xiaomi menawarkan Mi Mix 4 via program pre-order mulai tanggal 11 Agustus di China dan tersedia secara lebih luas pada tanggal 16 Agustus, dengan harga dari CNY4.999 atau sekitar USD770 (Rp11,08 juta) untuk model 8GB/128GB, hingga CNY6.299 atau sekitar USD970 (Rp13,9 juta) untuk model 12GB/512GB.

Tag

Yehezkiel Frederik

Photography, Technology and Videography Enthusiast

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.