Redmi 10 dan Redmi 10 Prime Siap Rilis, Bedanya Apa?

Teknologi 17 Sep 2021
Tampak body belakang dari ponsel terbaru yaitu Redmi 10 yang juga rilis dengan satu varian lagi, yaitu Redmi 10 Prime dengan keunggulan kapasitas baterai yang lebih besar (Foto: Mi Community - Xiaomi).

Beberapa waktu yang lalu, Redmi, sub-brand dari Xiaomi untuk seri ponsel entry dan mid-range, mengumumnkan akan merilis ponsel baru di Indonesia dengan nama Redmi 10 dan Redmi 10 Prime.

Mungkin ini termasuk hal yang baru, terutama dengan penamaan "Prime" yang biasanya identik dengan ponsel samsung kelas entry seperti J2 Prime atau Galaxy Grand Prime.

Seperti biasa Xiaomi, terutama Redmi, pasti akan memberikan dua varian atau lebih dari lini ponsel terbarunya. Kali ini adalah versi normal yaitu Redmi 10 dan versi Redmi 10 Prime dengan keunggulan seperti kapasitas baterai lebih besar.

Selain perbedaan dasar tersebut, apakah ada hal lain yang membedakan untuk versi Prime ini?

Perbedaan Spesifikasi Redmi 10 dan Redmi 10 Prime

Kamera dan Layar

Melansir dari Digstraksi dan GSMArena, Redmi 10 menampilkan unggulan disektor kamera dengan resolusi kamera 50 Mega Piksel, dengan  panel ukuran layar sebesar 6.5 inchi.

Display pada ponsel tersebut sudah memiliki refresh dengan kemampuan 90 Hz. Terdapat juga kamera utama nya didepan atau kamera selfie dengan lensa kamera 8 megapiksel dengan bukaan f/2.0.

Baca juga: Apple Event 2021: Perkenalan Lini iPhone 13, iPad 9 dan iPad Mini 6

Sementara di kamera utama dibelakang sendiri sudah dilengkapi dengan lensa kamera sebanyak empat buah lensa kamera. Masing-masing memiliki spesifikasi 50 MP f/1.8 wide PDAF, 8 MP f/2.2 120 derajat ultrawide, 2 MP f/2.4 kamera makro, dan 2MP f/2.4 sensor DoF.

Kemampuan lainnya cukup standar untuk kelas entry seperti perekaman video 1080p 30fps, lampu LED, kemampuan HDR dan panorama.

Untuk Redmi 10 Prime, spesifikasi kameranya sama dengan Redmi 10 biasa. Walau begitu, desain dari modul kamera di belakang kedua ponsel ini sudah terlihat sangat modern. Bisa dikatakan desain ini terinspirasi dari seri kakaknya yaitu Redmi Note 10 series.

RAM dan Penyimpanan

Tampak belakang dan depan serta pilihan warna untuk varian Redmi 10 Prime.

Chipset dari Redmi 10 sendiri mempergunakan chipset terbaru dengan MediaTek Helio G88. Untuk kelasnya, chipset ini sudah cukup untuk kebutuhan sehari-hari.

Sementara untuk kapasitas RAM dan Memori internal sendiri tersaji dengan beberapa varian diantaranya dengan Memori RAM 4 GB dengan memori internal sebesar 64 GB

Terdapat juga varian yang lain yaitu RAM 4 GB dan internal 128 GB serta RAM 6 GB dan internal 128 GB.

Baca juga: [First Look] DotOS 5.2 Hadir Dengan Fitur Dan Tampilan Yang Android 12 Banget!

Untuk tampilan antar muka dan MIUI sendiri sudah dilengkapi dengan Android yang terbaru yaitu android b11 dengan MIUI 12.5

Lagi-lagi Redmi 10 dan Redmi 10 Prime memiliki spesifikasi yang sama untuk segmen RAM dan penyimpanan internalnya. Namun varian yang dimiliki versi prime hanyalah edisi 4/64 dan 6/128, tidak ada 4/128.

Baterai

Berdasarkan dari informasi resmi Redmi, dua perbedaan paling mendasar dan yang paling diunggulkan dari dua ponsel ini adalah kapasitas baterai.

Ponsel Redmi 10 sudah dilengkapi dengan baterai kapasitas besar yaitu 5000 mAh dengan fitur fast charging 18W serta dengan reverse charging 9W.

Sedangkan untuk redmi 10 Prime sendiri tersedia dengan kapasitas baterai sebesar 6000 mAh, lebih besar daripada Redmi 10 Reguler.

Xiaomi sendiri menganggap Redmi 10 Prime sendiri dapat dipergunakan untuk melihat sebuah tontonan video dengan durasinya bisa mencapai tahan sampai full 24 jam

Baca juga: Among Us Arena, Fan-Made Gim Gelud Bernuansa 'Sus'

Jika digunakan untuk bermain game kurang lebih bisa tahan hingga waktu 11 jam, bisa untuk mendengarkan lagu hingga waktu 192 jam, bisa stand by di waktu hingga 723 jam lamanya.

Mengingat chipset yang dipakai cukup hemat daya, kapasitas baterai tersebut dapat menjamin penggunaan ponsel seharian, apalagi jika hanya untuk sosmed, browsing, atau menonton film/YouTube.

Desain

Redmi 10 ini hadir dengan tema desain yang penuh dengan layar dibagian tampilan depan.

Sementara untuk bahan dari bodinya sendiri dengan bahan dari Xiaomi ini hadir dengan konsep desain full layar dibagian depan. Untuk bodi belakang ponsel ini masih menggunakan body alimunium.

Rangka dari ponsel ini juga sudah menggunakan rangka alumunium yang akan membuatnya lebih kuat dan lebih kokoh.

Harga

Untuk harganya sendiri, Redmi 10 ini belum dipastikan harganya di pasar Indonesia, sementara di Malaysia, harga Redmi 10 ini menginjak di harga kisaran 2 jt an rupiah.

Sebuah harga yang terbilang sangat menarik, dengan menobatkan kamera 50 megapiksel.

Baca juga: [Opini] Revisi PPnBM Mobil, Jauh Lebih 'Sensible' di Masa Kini (dan Mendatang)

Secara tidak langsung redmi 10 menggungulkan sektor kameranya yang besar meski hanya dibalut dengan balutan RAM dengan varian 4 GB dan varian 6 GB dan juga memori internal yang terbilang cukup biasa namun redmi 10 bersiap untuk merajai pasar ponsel bulan ini.

Namun perbedaan utamanya dengan Resmi 10 Prime terlihat pada kapasitas baterai nya yang lebih besar ketimbang Redmi 10 yang telah lebih dulu hadir dengan kapasitas baterai sebesar 6000 mAh dibandingkan dengan Redmi 10 reguler yang hanya memiliki kapasitas 5000 mAh.

Redmi 10 ini hadir dengan beberapa varian warna, diantaranya warna pertama berupa warna Phantom Black, kemudian warna Astral Blue, serta warna Bitfrost White.

Nantikan perilisan Redmi 10 di Indonesia pada bulan September ini!

Tag

Yehezkiel Frederik

Photography, Technology and Videography Enthusiast

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.