Windows 11 Sudah Bisa Kamu Unduh, Bagaimana Caranya?

Teknologi 5 Okt 2021
Tampilan utama dari edisi terbaru sistem operasi yang paling banyak digunakan di platform PC, yaitu Windows 11 dari Microsoft (Foto: Windows Latest).

Pada pertengahan tahun 2021 ini, Microsoft secara resmi mengumumkan edisi terbaru dari sistem operasi Windows, yaitu Windows 11. Pada saat itu juga sudah mulai ada versi "bocoran" dari Windows 11 namun masih jauh dari kata stabil.

Mulai dari hari ini (05/10), Windows 11 sudah mulai dapat kamu unduh dan gunakan pada komputer masing-masing. Versi terbaru dari Windows ini dapat kamu dapatkan secara gratis.

Mengutip dari KompasTekno, "Hari ini menandai tonggak sejarah Windows. Pada 5 Oktober di setiap zona waktu di seluruh dunia, Windows 11 mulai tersedia melalui update gratis di Windows 10 yang memenuhi syarat," tulis Panos Panay, Chief Product Officer, Windows + Devices.

Baca juga: Layanan Facebook Tumbang, Reaksi Publik Hingga Pernyataan Resmi

Selain melalui update gratis, Panay juga mengatakan Windows 11 sudah dapat dibeli untuk PC atau perangkat komputer baru.

"Kami bersemangat meluncurkan Windows 11, seluruh pengalaman pengguna membawa Anda lebih dekat dengan apa yang Anda dan menginspirasi Anda untuk berkreasi," lanjut Panay.

Sebelumnya, Microsoft sendiri telah merilis versi beta untuk Windows 11 pada awal Agustus lalu. Microsoft mengumumkan, pengguna Windows 10 resmi akan mendapatkan upgrade ke Windows 11 secara gratis.

Windows 11 juga akan terpasang di perangkat yang dijual dengan pre-load Windows 11 .

Bagi pengguna Windows 10, notifikasi ketersediaan Windows 11 akan dimunculkan di menu Windows Update. Jika belum tersedia, kemungkinan update ini digelontorkan secara bertahap.

Baca juga: [REVIEW] Mencoba DotOS 5.2 (Unofficial Build) - Android 11 Tapi Dengan Sentuhan Ala Android 12

Berikut adalah langkah-langkah yang perlu dilakukan untuk mengunduh Windows 11 secara gratis.

Cara Mendapatkan Windows 11 Secara Gratis (Windows Update)

  1. Pertama, buka menu pengaturan "Settings" melalui perangkat komputer Anda (PC Desktop/Laptop).
  2. Kemudian, pilih "Pembaruan Windows/Update Windows". Selanjutnya, klik "Periksa Pembaruan".
  3. Jika update tersedia, Anda akan melihat opsi "Pembaruan Fitur ke Windows 11".
  4. Untuk mengunduh update Windows 11, klik "Download/Unduh dan Install" pada menu yang tersedia.
  5. Setelah itu, tunggu hingga proses instalasi Windows 11 selesai.

Cara Mendapatkan Windows 11 Secara Gratis (Situs Resmi Microsoft)

Jika kamu tidak ingin menunggu mendapatkan Windows 11 dari Windows Update, kamu bisa mengunduh file instalasi Windows 11 langsung dari situs resmi Microsoft.

  1. Kunjungi situs unduhan Windows 11 dari Microsoft disini.
  2. Akan ada tiga opsi unduhan. Jika kamu ingin "upgrade" dari Windows 10 ke Windows 11, pilih Windows 11 Installation Assistant. Jika kamu ingin menginstallnya di komputer lain atau ingin factory reset, kamu bisa memilih "Create Windows 11 Installation Media" atau langsung unduh file ISO nya di pilihan "Download Windows 11 Disk Image".
  3. Jalankan aplikasi yang sudah diunduh dan ikuti petunjuknya.
  4. Jika mengunduh file ISO, maka kamu bisa flash instalasi Windows 11 ke Harddisk Eksternal atau Flashdisk/SD Card menggunakan Rufus.

Sebelum melakukan update atau install, pastikan kamu sudah melakukan backup untuk data-data penting kamu dalam komputer.

Ingat, Spesifikasi Minimal Windows 11 Cukup Tinggi!

Sebelumnya, Microsoft mengumumkan, CPU yang mendukung Windwos 11 adalah Intel generasi 8 atau yang lebih baru. Namun, belakangan Microsoft mengatakan bahwa ada solusi yang bisa digunakan untuk menginstal Windows 11 untuk perangkat lama.

PC dengan CPU lama yang tidak lolos uji pembaruan secara resmi, bisa meng-install Windows 11 secara manual lewat file ISO.

Baca juga: Epic Game Store Segera Hadir di Microsoft Store

Metode ini bisa dilakukan selama PC memiliki CPU 64-bit dual core, kecepatan minimal 1 GHz. Perangkat juga harus memiliki RAM 4 GB dan ruang penyimpanan 64 GB, serta chip TPM 1.2.

Namun, jika perangkat lama dengan kondisi tersebut memaksa upgrade ke Windows 11, perangkat tidak mendapatkan akses ke pembaruan Windows atau patch keamanan.

Jika perangkat tidak sepenuhnya kompatibel dengan Windows 11, Microsoft masih akan memberikan dukungan untuk Windows 10 hingga 14 Oktober 2025.

Apa Saja yang Baru di Windows 11?

Windows 11 ini hadir dengan desain antarmuka (UI) yang lebih segar dan bersih. Fitur seperti manajemen jendela tugas, peningkatan kinerja, hingga dukungan aplikasi Android turut dihadirkan di OS Windows terbaru ini.

Perubahan yang paling mencolok terlihat di bagian antarmuka, khususnya pada taskbar dan menu Start. Berbeda dari versi sebelumnya, kedua menu tersebut kini sudah tidak lagi berada di samping kiri, melainkan bergeser ke sisi tengah seperti di tampilan MacOS.

Baca juga: eFootball 2022 Dapat Rekor Rating Terburuk di Steam, Konami Minta Maaf

Item seperti jam, koneksi, atau baterai letaknya masih sama yaitu berada di sisi kanan taskbar. Sementara, menu Start kini berada tepat di tengah. Soal tema, UI Windows 11 tampil lebih transparan dengan nuansa aplikasi yang terlihat segar. Ini merupakan salah satu perubahan lainnya yang terlihat di Windows 11.

Microsoft juga mengumumkan beberapa aplikasi Android yang akan tersedia di Windows Store, dan bisa berjalan di Windows 11 tanpa perlu modifikasi khusus, seperti aplikasi media sosial dan game.

Tag

Yehezkiel Frederik

Photography, Technology and Videography Enthusiast

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.