[Fokus] Delapan Hololive VTuber yang Telah Menghentikan Aktivitasnya

Pop Kultur 27 Feb 2022

Bagi kalian yang mengikuti perkembangan dunia VTuber, mungkin berita pemecatan Uruha Rushia dari Hololive cukup mencengangkan bagi banyak orang.

Karena jumlah talent Hololive yang jauh lebih sedikit dibandingkan agensi lainnya, terutama Nijisanji, berita talent dari Hololive yang memutuskan untuk 'graduate' lebih menarik banyak perhatian (namun tidak semuanya).

Tentu pemecatan Rushia dari Hololive bukanlah hal yang pertama kali dari seorang talent Hololive. Oleh karena itu, kali ini #MedForSquad merangkum VTuber Hololive yang telah 'graduated' dari agensi, diurutkan dari tanggal diwisuda.

1. Hitomi Chris

Tanggal diberhentikan: 25 Juni 2018

Hitomi Chris merupakan salah satu dari enam anggota generasi pertama dari Hololive. Debut pertama kali pada 3 Juni 2018, secara mengejutkan Hololive mengumumkan pemutusan kontrak dengan Hitomi karena suatu insiden. Hololive juga memutus kontrak dengan sang artis yang bertanggung jawab atas desain karakternya.

Tidak mengejutkan bahwa tidak banyak fans Hololive yang mengenal Hitomi Chris, karena sepak terjangnya yang begitu singkat sebagai anggota generasi pertama serta Hololive pada tahun 2018 yang masih belum setenar sekarang.

2. Yakushiji Suzaku

Tanggal diwisuda: 6 Maret 2020

Yakushiji Suzaku merupakan talent dibawah naungan Holostars, Hololive yang difokuskan pada VTuber pria yang debut pertama kali pada 7 September 2019. COVER mengumumkan bahwa Suzaku graduate pada 6 Maret 2020 setelah grup tersebut tidak menunjukkan perkembangan signifikan dalam hal jumlah penonton.

3. Tsukishita Kaoru

Tanggal diwisuda: 28 Juli 2020

Tsukishita Kaoru merupakan salah satu talent dibawah naungan Holostars, dan debut pada 29 April 2020 sebagai salah satu dari trio TriNero. Akan tetapi, Kaoru memutuskan untuk graduate pada 28 Juli 2020 dengan alasan pribadi.

4. Mano Aloe

Tanggal diwisuda: 31 Agustus 2020

Mano Aloe debut sebagai member Hololive generasi kelima pada 15 Agustus 2020, namun secara mengejutkan dia memutuskan untuk menghentikan aktivitasnya 2 minggu setelah debut.

Dua hari setelah debut, dia melayangkan permintaan maaf karena membocorkan model Live2D sebulan sebelum debutnya. Dia beralasan bahwa dia melakukan live di Twitcasting sebagai bentuk uji coba, namun sudah mendapatkan izin dari pihak manajer.

Masalahnya, dia lupa untuk menghapus video tersebut setelah debut, menyebabkan Hololive harus menangguhkan Aloe dari streaming selama 2 minggu karena dianggap sebagai pelanggaran kontrak.

Hingga akhirnya pada 31 Agustus 2020, Mano Aloe memutuskan untuk graduate dari Hololive karena kondisi fisik dan mental yang tidak memungkin untuk melanjutkan karirnya sebagai VTuber (Kalian bisa membaca detailnya disini).

5. Kagami Kira

Tanggal diwisuda: 30 November 2020

Kagami Kira merupakan salah satu dari Holostars generasi pertama bersama dengan Yakushiji Suzaku. Debut pertama kali pada 9 Juni 2019, dia memutuskan untuk graduate pada 30 November 2020 dengan alasan kesehatan fisik dan mentalnya.

Dia menyampaikan rasa terima kasih melalui akun Twitternya. Meski begitu, channel Kagami Kira tidak dihapus dan masih bisa ditonton sampai saat ini.

6. Hololive CN

Tanggal diwisuda: 27 Desember 2020

Hololive memiliki beberapa grup VTuber yang beroperasi di luar Jepang. Ada Hololive EN untuk VTuber berbahasa Inggris, Hololive ID untuk fans Indonesia, dan Hololive CN untuk fans di Tiongkok.

Tapi berbeda dengan EN dan ID yang masih terus berjalan sampai saat ini, CN harus ditutup sepenuhnya pada 27 Desember 2020 setelah COVER memutuskan untuk menghentikan segala aktivitasnya di Tiongkok.

Alasannya adalah Kiryu Coco, dimana dia sempat melindungi Akai Haato yang mengucapkan Taiwan sebagai sebuah negara pada streaming-nya. Alhasil dia mendapatkan kecaman dari netizen Tiongkok di channel-nya.

Akibatnya, COVER tidak hanya menutup Hololive CN, namun juga keenam talent yang terbagi dalam dua generasi harus 'graduated' pada 27 Desember 2020.

7. Kiryu Coco

Tanggal diwisuda: 1 Juli 2021

Kiru Coco debut pertama kali pada 28 Desember 2019 sebagai salah satu VTuber tersukses di Hololive dengan 1.45 juta subscribers. Bahkan dia sempat meraih predikat superchat tertinggi di YouTube dengan nilai sekitar sebesar 85 juta Yen atau sekitar 11 Miliar Rupiah sejak debutnya.

Alasan kelulusannya sudah dijelaskan pada Hololive CN. Sebagai imbas dari kontroversi mengenai 'Taiwan sebagai negara', Kiryu Coco dan Akai Haato sempat terkena sanksi larangan streaming selama 3 minggu oleh COVER (kalian bisa melihat detailnya disini).

Beberapa bulan setelah insiden tersebut, Coco memutuskan untuk mengadakan streaming spesial untuk merayakan kelulusannya pada 1 Juli 2021.

Meskipun sudah lulus dari Hololive, Kiryu Coco tetap melanjutkan aktivitas streaming dengan identitas lamanya - Kson dan menjalankan aktivitas VTuber secara independen sampai sekarang melalui channel-nya - kson ONAIR.

8. Uruha Rushia

Tanggal diberhentikan: 24 Februari 2022

Uruha Rushia memulai debut Hololive pada 18 Juli 2019 sebagai anggota generasi ketiga bersama Usada Pekora, Shiranui Flare, Shirogane Noel, dan Houshou Marine, sekaligus sebagai VTuber dengan jumlah subscriber terbanyak di Hololive dengan jumlah 1.6 juta subscribers.

Pemecatan Rushia berawal dari bocornya pesan Discord oleh Mafumafu saat melakukan streaming. Hal itu membuat fans berspekulasi bahwa Rushia memiliki seorang pacar (Kalian bisa membaca detailnya disini).

Sontak Rushia dan Mafumafu melayangkan permintaan maaf dan sempat menghentikan aktivitasnya selama beberapa waktu setelah insiden tersebut.

Namun secara mengejutkan COVER memutuskan untuk memberhentikan Uruha Rushia atas dasar pelanggaran kontrak dimana dia diketahui telah membocorkan rahasia perusahaan dan menyebarkan informasi palsu (Bisa kalian baca detailnya disini).

Tag

Dio Puja Altha

Seseorang yang sangat menyukai segala yang berhubungan dengan SPEED and POWER. Also loves anime and manga as well, especially Racing genre (๑>◡<๑)