Dirgahayu TVRI! Inilah Fakta Menarik Media Pemersatu Bangsa Ini!

Media Agt 24, 2020

Dirgahayu TVRI! Setiap tanggal 24 Agustus, kita akan memperingati Hari Ulang Tahun Televisi Republik Indonesia atau TVRI. Ini merupakan perayaan khusus untuk TVRI yang sudah mewarnai industri pertelevisian Indonesia yang tahun ini berusia 58 tahun.

Perayaan kali ini dimulai dengan pengibaran bendera raksasa sebesar 1000m2 di Menara TVRI pada Senin, 24 Agustus 2020 ini. Acara pengibaran bendera tersebut dapat disaksikan publik hari ini (24/8) pukul 08.00 WIB di akun Instagram @tvrinasional. Selain itu, konser perayaan juga diadakan.

TVRI merupakan jaringan televisi pertama di Tanah Air yang berdiri sejak 24 Agustus 1962. Upacara HUT RI dan Asian Games IV menjadi siaran langsung pertama yang ditayangkan oleh stasiun televisi tersebut. Kini, TVRI telah mengudara dengan berbagai program acara, mulai dari pendidikan, olahraga, anak, hingga berita.

Apa saja fakta menarik dari media pemersatu bangsa ini? MedForSquad telah merangkumnya dari berbagai sumber.

Televisi Pertama Indonesia

TVRI merupakan stasiun televisi pertama di Indonesia. Stasiun televisi ini pertama kali menayangkan siaran percobaan HUT ke-17 RI pada 17 Agustus 1962. Kemudian, TVRI pun mengudara untuk pertama kali pada 24 Agustus 1962 dengan tayangan upacara pembukaan Asian Games IV yang berlangsung di Jakarta.

Tayangkan Wajah Pelaku Korupsi

Selain menjadi stasiun televisi pertama di Tanah Air, TVRI juga menjadi stasiun pertama yang menayangkan wajah pelaku korupsi di era 80-an. Tayangan tersebut disajikan melalui program Dunia Dalam Berita yang digagas oleh Jaksa Agung Sukarton Marmosudjono. Sayangnya, program ini berhenti pada 29 Juni 1990 setelah Sukarton meninggal dunia.

Program Andalan

Sepanjang berdiri, TVRI memiliki sejumlah program acara unggulan yang berhasil menggaet penonton. Di antaranya adalah Aneka Ria Safari , Dunia Dalam Berita, Laptop si Unyil, Gemar Menggambar dan Aku Cinta Indonesia.

Mulai Gebrakan Baru Bersama Helmi Yahya

Kemahsyuran TVRI sempat tenggelam karena kalah saing dengan kehadiran televisi swasta. Namun, stasiun nasional ini akhirnya memulai gebrakan baru saat Helmi Yahya menjabat sebagai Dirut TVRI (2017-2020).

Gebrakan tersebut berupa penggantian logo, menghadirkan program olahraga seperti Liga Primer Inggris dan Coppa Italia, perbaikan kualitas peralatan siaran, hingga kerja sama dengan berbagai platform penyiaran, salah satunya Discovery Channel, dan Netflix (melalui Kemendikbud RI).

Sayangnya, gebrakan ini seakan bertepuk sebelah tangan. Polemik bermunculan hingga berujung pemecatan beberapa petinggi oleh Dewan Pengawas, termasuk Helmy Yahya sendiri.

Paling Getol dalam Transisi menuju Siaran Digital

TVRI menjadi salah satu yang paling depan dalam menyongsong era penyiaran digital. Terbukti, beberapa stasiun pemancar sudah tak lagi bersiaran secara analog. Termasuk diantaranya adalah pemancar yang berada di daerah Jawa Tengah.

Dirgahayu TVRI

Dirgahayu TVRI, selamat ulang tahun ke-58. Semoga TVRI dapat terus maju dan tetap menjadi Media Pemersatu Bangsa.

Sumber: Kumparan

Tag

Andhika Rizky Reihansyah

Broadcasting, Tech and Design Geek

Great! You've successfully subscribed.
Great! Next, complete checkout for full access.
Welcome back! You've successfully signed in.
Success! Your account is fully activated, you now have access to all content.