[Mobil Baru Pekan Ini] Yang Baru di GIIAS 2021

Otomotif 27 Nov 2021

Gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) akhirnya kembali digelar tahun ini, setelah pada tahun lalu ditunda akibat pandemi COVID-19. Gelaran yang diadakan dari 11-21 November ini menghadirkan berbagai suguhan produk-produk baru, terutama mobil.

Lantas, mobil-mobil baru apa saja yang meluncur di gelaran ini? Kami akan merangkumnya disini!

Hyundai

Kita mulai dari brand otomotif dengan booth terbesar di GIIAS tahun ini, yup ia adalah Hyundai. Pada gelaran GIIAS 2021, Hyundai secara resmi memperkenalkan mobil pertama mereka yang diproduksi di pabrik baru Hyundai.

Hyundai Creta spek Indonesia (Hyundai, via Motor1)

Mobil bernama Hyundai Creta ini merupakan mobil penumpang pertama Hyundai (selain 2 sedan Hyundai dibawah merk Bimantara) yang diproduksi secara lokal di Indonesia. Bahkan karena ia sudah diproduksi secara lokal, Creta spek Indonesia juga bisa dibeli secara custom spec melalui layanan My Own CRETA.

Lantas fitur apa saja yang Creta hadirkan? Ia hadir dengan fascia depan ala-ala Tucson terbaru, mesin 1.5 N/A Smartstream G1.5 MPi I4 dengan tenaga 113 dk dan torsi 144 Nm, bertransmisi IVT atau Intelligent Variable Transmission (sebutan Hyundai & KIA untuk CVT), dan beberapa fitur canggih yang bisa dipilih lewat My Own CRETA seperti fitur Hyundai SmartSense, panel instrumen LCD dan lain sebagainya.

Selain Creta, Hyundai juga memajang konsep dari Hyundai Prophecy yang digadang-gadang akan menjadi Ioniq 6 di masa yang akan datang.

Honda

Beralih ke pabrikan berhuruf H tegak, ia memamerkan konsep dari produk misterius yang muncul di peluncuran BR-V baru dan peluncuran City dan Civic sedan baru. Bertajuk Honda SUV RS Concept, mobil ini akan menjadi pesaing langsung dari Toyota Raize, Daihatsu Rocky, KIA Sonet, Nissan Magnite dan Renault Kiger.

Honda SUV RS Concept (India Today)

Selain memperkenalkan konsep SUV RS mereka, Honda juga merilis harga resmi dari All-New BR-V yang meluncur pada beberapa waktu lalu. BR-V baru ini akan dijual mulai dari Rp 275.9 Juta hingga Rp 339.9 Juta (OTR Jakarta).

Mitsubishi

Sama seperti Honda, di gelaran GIIAS 2021 ini, Mitsubishi juga turut merilis harga resmi dari Xpander dan Xpander Cross facelift. Dan seperti yang kami bahas di segmen khusus Perang Bintang MPV, ia dijual mulai dari Rp 249.9 juta hingga Rp 299.7 juta untuk Xpander biasa dan Rp 294.6 juta hingga Rp 320.2 juta untuk Xpander Cross.

Tapi yang menarik, Mitsubishi juga memajang sebuah kendaraan elektrik, yakni Minicab MiEV.

Wuling

Pada GIIAS 2021 ini, Wuling memperkenalkan sebuah platform mobil elektrik mereka bertajuk Global Small Electric Vehicle (GSEV). Platform ini diimplementasikan pada 2 produk kendaraan elektrik mereka yang dijual di Tiongkok, yakni Baojun KiWi EV dan Wuling Mini EV Macaron.

Wuling Mini EV Macaron (WapCar)
Baojun KiWi EV (Wikimedia Commons)

Nantinya, produk Wuling selanjutnya dengan platform ini akan dibuat di pabrik mereka di Indonesia pada tahun 2022 mendatang.

Isuzu

Sementara itu, Isuzu meluncurkan Mu-X dan D-Max generasi terbaru dengan mesin 1,900cc dengan tenaga 150 ps dengan torsi 350 Nm. Mesin terbaru di Mu-X dan D-Max ini diklaim memiliki konsumsi BBM yang cukup irit dibanding kompetitornya.

Isuzu Mu-X Baru (Autocar India)
Isuzu D-Max Baru (Indian Autos Blog)

Selain itu, Isuzu juga memajang Traga Blind Van, sebagai salah satu lini andalan di segmen kendaraan komersial dari Isuzu.

KIA

Selain memperkenalkan Seltos dengan mesin diesel dan varian GT Line, pada GIIAS 2021 ini, KIA turut memperkenalkan Grand Carnival sebagai penerus dari Grand Sedona. Menggunakan basis yang sama dengan Hyundai Staria, ia hadir dengan desain yang cukup ganteng, fitur yang sama menariknya dengan Staria dengan harga yang lebih terjangkau dibanding Staria.

KIA Grand Carnival (Wikimedia Commons)

MG Motors

Pabrikan blasteran Inggis-Tiongkok MG Motors juga meramaikan gelaran GIIAS 2021 dengan menghadirkan MG5 GT dan MG5 EV.

MG5 GT hadir dalam bentuk sedan sporti dengan tampilan yang cukup agresif layaknya sedan sporti Eropa. Sementara MG5 EV hadir dalam bentuk station wagon dengan mesin listrik.

Namun hingga artikel ini ditulis, MG Motors Indonesia sendiri belum mengumumkan kapan kedua mobil ini dirilis di Indonesia.

Toyota dan Daihatsu

Baik Toyota dan Daihatsu, mereka menghadirkan LMPV andalan mereka yang sempat kami bahas di rubrik khusus Perang Bintang MPV, yakni Avanza, Veloz dan Xenia baru. Tapi untuk Toyota sendiri, ia menghadirkan beberapa produk lain yang cukup menarik bagi sebagian orang.

Yup, ada GR Yaris yang sebenarnya sudah sold out sebelum GIIAS 2021. Hadir dengan jumlah yang tak lebih dari 125 unit, GR Yaris menghadirkan sensasi hatchback kompak dengan performa tinggi yang dirancang dengan teknologi dari WRC.

Selain GR Yaris, Toyota juga memajang Camry Hybrid Facelift yang juga meluncur beberapa minggu sebelum GIIAS.

Toyota Camry Hybrid (Toyota Astra Motor)

Lainnya

Diluar beberapa brand diatas, ada Suzuki yang memperkenalkan Ertiga Finest Form yang hadir dalam jumlah yang terbatas. Serta ada Lexus yang menghadirkan edisi penyempurnaan dari ES 300h dengan harga yang lebih terjangkau dari edisi sebelumnya, dan mobil konsep LF-30 yang menggambarkan teknologi mobil Lexus di masa depan.

Jadi, demikian artikel spesial dari segmen Mobil Baru Pekan Ini dari gelaran GIIAS 2021. Jika ada yang ingin menyampaikan kritik, saran dan masukkan sila berkomentar dibawah.

Tag

Ilham Purnama Sadik

Seorang Technogeek, graphic design dan Automotive enthusiast yang suka menjelajahi hal baru

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.