Ilustrasi resmi Anime Festival Asia Singapore 2023 (AFASG23) yang akan diselenggarakan di akhir November 2023 di Singapura (Foto: SOZO)

Rayakan Umur 15 Tahun, AFASG 2023 Kembali Hadir di Akhir Tahun!

Pop Kultur 27 Okt 2023

Salah satu event pop kultur Jepang terbesar di Asia akan kembali hadir, yaitu Anime Festival Asia 2023 (AFASG23) yang akan diselenggarakan di Suntec Singapore Convention Centre pada tanggal 24 hingga 26 November 2023.

Mulai dari konten anime, artis Jepang, seiyuu terkemuka, hingga berbagai macam konten kreator di Asia akan ikut meramaikan festival besar ini. Konten yang ditawarkan juga sudah pasti menarik dan padat untuk acara yang berdurasi 3 hari ini.

"Kami bangga telah memainkan peran dalam pertumbuhan luar biasa komunitas ACG. Dari awal yang sederhana pada tahun 2008 dengan hanya 30.000 peserta, kami melihat AFA berkembang lima kali lipat, menjadi tuan rumah bagi 145.000 peserta pada tahun 2022," ungkap Shawn Chin, Pendiri SOZO dan penyelenggara AFASG23.

Spesfikasi Lengkap Kingston FURY Renegade DDR4 UDIMMs
Berikut spesifikasi stik RAM baru dari Kingston yaitu Kingston FURY Renegade DDR4!

Mulai dari 24 hingga 26 November, para penggemar musik dan anime akan dinikmati dengan tiga malam hiburan dari lebih dari 20 artis dan grup.

Penyelenggara mengumumkan bahwa tiket sudah habis terjual untuk AFA x hololiveMeet pada 25 November, sementara sedikit tiket masih tersedia untuk AFA x I LOVE ANISONG pada 24 November, dan AFA x SACRA MUSIC FES. pada 26 November.

FLOW, ASCA, Kobo Kanaeru, hingga Survive Said The Prophet akan Tampil di AFASG23!

24 November: I Love Anisong menampilkan artis seperti ASTERISM, Liyuu, May’n, NANO, Survive Said The Prophet, dan Tatsuya Kitani.

Besoknya, di tanggal 25 November akan ada sembilan artis dalam tiga tim di satu produksi.

Hololive Meet akan menampilkan Sakura Miko, Hoshimachi Suisei, Ayunda Risu, Moona Hoshinova, Pavolia Reine, Kobo Kanaeru, Mori Calliope, IRyS, dan Hakos Baelz dalam talk show dan konser.

Kemudian pada hari terakhir di tanggal 26 November, akan ada SACRA MUSIC FES. akan menampilkan artis seperti FLOW, ASCA, halca, spira spica, dan penampilan khusus oleh Nami Tamaki.

Manga Yumeochi: Yume de Bokura wa Koi ni Ochiru Resmi Tamat di Volume 4
Ini manga romance-comedy yah

Tiket Paket VIP 3 Hari sudah habis terjual. Selain akses ke area pameran dan panggung siang, paket ini juga mencakup hak istimewa tambahan seperti akses Fastlane AFASG, kesempatan pemungutan suara untuk poster yang ditandatangani oleh artis, paket kartu pos, dan lainnya.

AFASG juga akan mengadakan serangkaian kolaborasi khusus, termasuk:

  • Bushiroad Expo Asia 2023 akan mengadakan turnamen permainan kartu perdagangan, The Bushiroad Championship Series 2023 Regional Championship, dan Shadowverse: Evolve World Invitational 2023 Regional Qualifier. Para peserta juga dapat menantikan penjualan barang dagangan, demonstrasi permainan video, dan sesi pelatihan untuk mempelajari permainan tersebut. World Wonder Ring Stardom, juga dikenal sebagai STARDOM, adalah kelompok gulat profesional wanita Jepang. STARDOM dijadwalkan akan tampil di AFASG23 sebagai bagian dari Bushiroad Expo.
  • Ultraman: Dipersembahkan oleh Tsuburaya Productions, nikmati serangkaian kegiatan dari penampilan Ultraman hingga pertunjukan panggung LIVE, serta berbagai aktivitas di stan. Pengunjung juga bisa melihat balon Ultraman berukuran nyata hanya di AFASG23. Jadilah orang pertama yang bermain Permainan Kartu Ultraman di mana Anda juga bisa mendapatkan kartu PR eksklusif.
Love Live! Hasu no Sora Jōgakuin School Idol Club Dapatkan Adaptasi Anime
Asik, anime Love Live! baru~

Siapa Saja yang Akan Tampil di Main Stage?

Panggung Siang AFA, di Hall 406, akan menjadi tuan rumah serangkaian pemutaran, talk show tamu, dan banyak lagi dari 24 hingga 26 November. Sorotan awal mencakup:

  • 24 November (Jumat): Premier Khusus SEA dari "Chained Soldier" dan "Tales of Wedding Rings". Tamu khusus: Iori Moe (Duta Resmi AFA 2023), Shigure Ui (Ilustrator).
  • 25 November (Sabtu): Seiyuu Ai Kayano dan Yumi Uchiyama dari "Mushoku Tensei: Jobless Reincarnation Season 2", dan Sumire Uesaka dari "Alya Sometimes Hides Her Feelings in Russian", akan berbagi pemikiran mereka di Panggung Siang.
  • 26 November (Minggu): Seiyuu Soma Saito dari "Rurouni Kenshin" akan menjadi tamu khusus di Panggung Siang. MAPPA: Para tamu khusus akan meliputi Manabu Otsuka (CEO MAPPA), Yuichiro Hayashi (Sutradara Anime), dan Mari Okada (Sutradara dan Penulis Naskah Anime). Cardfight!! Vanguard Talk Stage akan menampilkan Seiyuu Amane Shindo, Yuka Nishio, dan Hina Aoki. Aktivitas dan konten panggung siang lebih lanjut akan diumumkan lebih mendekati tanggal acara.

Akiba Town, Tempat Berjualan dan Khilaf!

Para pengunjung dapat bersiap-siap untuk berbelanja sepuasnya di Akiba Town, lebih dari 70 peserta pameran memamerkan barang dagangan terbaru, beberapa di antaranya eksklusif untuk festival ini. Sorotan termasuk:

  • HoYo FEST 2023 akan membawa serangkaian acara online dan offline, barang dagangan eksklusif, banyak hadiah, dan interaksi panggung langsung. Para pengunjung juga dapat berpartisipasi dalam acara berbagi web untuk mendapatkan hadiah dalam permainan dan hadiah fisik.
  • Toko Kotobukiya: Merayakan Ulang Tahun ke-70, Kotobukiya akan membawa Kotobukiya Store Exclusives seperti "TRANSFORMERS NEMESIS PRIME LIMITED EDITION BISHOUJO STATUE" dan "DARKSTALKERS MORRIGAN LIMITED EDITION BISHOUJO STATUE".
  • Setelah kesuksesan debutnya di AFA Creators Super Fest 2023, Lead Inc. kembali membawa kembali barisan mainan boneka kucing yang laku keras di festival ini, termasuk mainan boneka raksasa baru berukuran 120 cm mereka.
Karakter Imut Rena Natsukawa Muncul di Anime Dosanko Gal wa Namaramenkoi
Mau liat cewe anime cantik? Ya ini salah satu animenya!
  • MEDIA LINK akan membawa barang dagangan eksklusif - dijual untuk pertama kalinya di Singapura, dari anime populer seperti "Oshi no Ko", "Mobile Suit Gundam: The Witch from Mercury", & "Chainsaw Man". Pengunjung juga dapat menantikan Grab Bags anime khusus dari Muse Communication hanya di AFA Singapura 2023.
  • RURUSAMA, content creator/cosplayer, kembali dengan barang dagangannya sendiri dan kali ini, dia membawa stan terbesarnya hingga saat ini.

Nantikan informasi selanjutnya di kanal resmi AFA Singapore 23 ya!

"Anime telah berubah dari minat khusus menjadi genre utama yang memikat orang dari segala usia. Di tahun 2023, kami sangat senang untuk kembali ke penawaran kami sebelum pandemi, menjanjikan konten paling populer dan tren saat ini. Bergabunglah dengan kami untuk merayakan 15 tahun Anime Festival Asia!" lanjut Shawn.

Akiba Stage: Tempat Cocok buat Ngidol!

Berada di dalam area pameran, Panggung Akiba AFA akan menjadi tempat untuk pertunjukan mengagumkan oleh para artis dan bakat Jepang dan lokal.

Anggap saja seperti Chika Stage di event Ennichisai Blok M, maka kira-kira perbandingannya seperti itu.

Film Anime The Concierge Resmi Tayang Besok di CGV Indonesia
Kisah pelayan hotel yang mendapatkan pengalaman misterius akan tayang besok di CGV Indonesia loh!

Siapa saja yang akan tampil di Akiba Stage? Berikut listnya:

Grup Idola Jepang DEAR KISS, favorit penonton, kembali ke AFA Singapore 2023 setelah sukses besar dalam penampilan sebelumnya. Mereka adalah grup gadis yang berfokus pada tarian dan vokal, terdiri dari anggota yang mencintai bernyanyi dan menari.

Grup Idola Forbidden Equation, memperkenalkan konsep baru dengan pertunjukan langsung berdasarkan peran guru dan siswa, yang menawarkan pengalaman "Forbidden Equation."

Grup Idola Virtual Singapura SO*DA, sebuah grup gadis baru yang akan memperkenalkan versi spesial video musik baru mereka di Panggung Akiba.
Grup idola populer KissBee telah memilih empat anggota untuk tampil, membawakan tidak hanya lagu-lagu asli mereka tetapi juga lagu-lagu dari anime idola yang sedang tren dan konten permainan idola.

Pameran musik oleh empat bakat V-Reverie, yakni Lilrya Prisvielle, Nova Aokami, Ophelia Midnight, dan Akiko Sushi, yang akan tampil dan berinteraksi dengan penonton.

TikTok Live's Friday Music Show adalah acara langsung di mana pencipta musik live bersaing di TikTok LIVE. Edisi ketiga saat ini berfokus pada lagu-lagu anime, dan pemenangnya akan tampil di Panggung Akiba.

Adu Bakat Virtual: Diadakan dengan bangga oleh Ziku-management Inc, mereka mengkhususkan diri dalam mengelola bakat virtual, terutama di wilayah Jepang dan Amerika Serikat, dengan cabang di Jepang, Singapura, dan Shanghai. Pemenang audisi akan ditampilkan di Panggung Akiba.

Amelia Khor, penyanyi berbakat dari Malaysia, akan memukau penonton dengan bandnya dalam penampilan di Panggung Akiba.

Pentel ft Manda Dayoyo Stage, di mana ilustrator veteran Singapura akan menunjukkan cara membuat sketsa karakter dalam demonstrasi langsung dengan menggunakan peralatan dari Pentel.

Golden Mix adalah platform pesta musik anime berbasis di Singapura yang telah membawakan hits musik anime terbaik kepada banyak penonton selama bertahun-tahun. Di AFASG23, bersiaplah untuk Golden Mix menggebrak panggung!

Play LINE FRIENDS: Pop-up Café Pertama Hadir di Indonesia, Menawarkan Pengalaman yang Menghibur
Selamat datang di Play LINE FRIENDS: Pop-up Café pertama di Indonesia! Temukan pengalaman seru yang akan menghibur di tempat unik ini. ☕ 🎉#LINEFRIENDSIndonesia #PopUpCafe

Proyek multimedia baru oleh Merryweather Media, ASTRALINE, adalah agensi bakat virtual yang menggabungkan tim internasional streamer virtual dengan gaya bercerita khas para bakat di balik komik Merryweather Media.

Bergabunglah dengan Lucius Merryweather, Alfhilde Odinsdottir, Lumi, Fredrik Knudsen, dan Nick Nocturne saat mereka membawakan produksi yang membingungkan batas antara fiksi dan kenyataan!

Sudah Pasti, Khusus untuk Kreator dan Lomba Cosplay!

Taruhan telah ditingkatkan dalam Kompetisi Cosplay Singel. Pemenang kategori Singel tidak hanya akan menerima hadiah uang sebesar $1200 tetapi juga akan memiliki kesempatan untuk bersinar di panggung yang bisa membuka jalan untuk masa depan mereka sebagai cosplayer profesional!

Lebih dari 120 kreator terbaik dari seluruh dunia akan berpartisipasi di Creators Hub yang sangat dinantikan di AFA.
Para cosplayer terbaik dunia juga akan bergabung di AFASG23, termasuk 26 selebritas cosplay seperti:

  • +Ely Cosplay+
  • Angie0_0
  • Amelia Khor 小飛鼠
  • Baobao
  • Charess
  • HanaAme 雨波
  • Kiyo
  • Larissa Rochefort
  • Xiaoyukiko
  • Ying Tze

AFAVERSE akan kembali ke area festival untuk pengalaman yang lebih mendalam layaknya permainan di lokasi. Pengunjung akan mendapatkan gelang yang dilengkapi dengan NFC yang dirancang khusus.

Setelah dipasangkan dengan ponsel mereka, pengunjung akan mendapatkan pengalaman yang lebih baik melalui dashboard dinamis untuk mengakses peta lantai festival, jadwal, dan lainnya.

Jason DeMarco Sebut Anime FLCL Tidak akan Dibuat Lagi
Kenapa ya tidak dilanjutin?

Pengunjung juga dapat berinteraksi dengan berbagai titik sentuh di festival, mengumpulkan AFA-Coins untuk ditukarkan dengan hadiah-hadiah seru.

Peserta juga dapat menantikan pengalaman masuk yang lebih efisien mulai dari saat pembelian tiket. Dari waktu penebusan yang ditingkatkan, jalur masuk khusus untuk berbagai jenis tiket hingga pemeriksaan keamanan yang lebih efisien, penyelenggara berbagi langkah-langkah untuk membantu pengunjung mendapatkan pengalaman festival terbaik sambil menjaga keamanan.

Ayo Beli Tiket AFASG23!

Semua tiket AFA tersedia secara online melalui Ticketmaster di https://ticketmaster.sg/activity/detail/23_afasingapore.

Harga tiket dimulai dari SGD28 (~Rp325.000) per hari untuk segmen pameran.

Tetap pantau situs resmi atau terhubung di media sosial untuk pembaruan terbaru tentang festival.

Anime Festival Asia Singapore 2023
Tanggal: 24 - 26 November 2023
Lokasi: Suntec Singapore Convention and Exhibition Centre, Lantai 3 & 4
Waktu: 10 pagi - 8 malam

Tag

Yehezkiel Frederik Ruru

Photography, Technology and Videography Enthusiast