Menu Tutup

Bill Gates Mundur dari Jabatannya Sebagai Dewan di Microsoft

Bill Gates

Pendiri dari raksasa teknologi dunia, Bill Gates, resmi mundur dari jabatannya sebagai dewan penasihat di perusahaan bentukannya.

Dalam rilis persnya, Microsoft menyatakan pada Jumat (13/3) bahwa Gates resmi turun dari jabatannya dan lebih berfokus ke usaha filantropinya. Ia sudah lama melepas jabatan hariannya di Microsoft sejak Juni 2008, dan tetap menjadi direksi hingga Februari 2014.

Setelah mundur dari jabatannya, Bill Gates akan meningkatkan upaya filantropinya di Bill and Melinda Gates Foundation. Bill ingin “terus berkomitmen untuk mengatasi masalah kesehatan, edukasi, dan perubahan iklim”, tulisnya di akun LinkedIn miliknya.

Tak hanya mengundurkan diri di Microsoft, Bill Gates juga resmi mundur dari jabatannya di perusahaan lain, yakni Berkshire Hathaway.

Meski Bill Gates Mundur, Ia Tetap Berkontribusi di Microsoft

Dengan segala hormat kepada Microsoft, dengan mundurnya saya dari jabatan dewan saya bukan berarti saya juga menjauh dari Microsoft.

Bill Gates

Salah satu orang terkaya di dunia ini merasa Microsoft adalah bagian penting dari hidupnya. Dirinya akan tetap berhubungan dengan CEO Microsoft saat ini, Satya Nadella, dan petinggi Microsoft lainnya untuk membantu mencapai tujuan ambisius perusahaannya.

BACA JUGA :  Oppo Ace2 Ungkap Kolaborasi dengan Neon Genesis Evangelion

Menurutnya, Kepemimpinan di perusahaan Berkshire dan Microsoft tidak sekuat ini, sehingga sekarang adalah waktu yang tepat untuk mengambil langkah ini.

Ungkapan Terima Kasih Satya Nadella

CEO Microsoft saat ini, Satya Nadella berterima kasih kepada Bill. Dirinya merasakan “kehormatan dan kesempatan istimewa yang luar biasa untuk bekerjasama dan belajar dari Bill selama bertahun-tahun,”

“Bill mendirikan perusahaan kami dengan keyakinan pada kekuatan demokratisasi perangkat lunak dan keinginan untuk memecahkan tantangan masyarakat yang paling mendesak. … Saya berterima kasih atas persahabatan dengan Bill dan berharap untuk terus bekerja bersama dengannya untuk mewujudkan misi kami untuk memberdayakan setiap orang dan setiap organisasi di planet ini untuk mencapai lebih banyak. “

Satya Nadella
Tiga CEO Microsoft dari masa ke masa, Bill Gates, Satya Nadella, dan Steve Ballmer.
Tiga CEO Microsoft dari masa ke masa, Bill Gates, Satya Nadella, dan Steve Ballmer.

Gates mendirikan Microsoft pada tahun 1975 bersama Paul Allen, yang meninggal pada tahun 2018. Gates menjabat CEO hingga tahun 2000 dan Steve Ballmer mengambil alih peran tersebut. CEO Microsoft saat ini, Satya Nadella, mulai menjabat pada tahun 2014.

BACA JUGA :  Aib Dirut Baru Terkuak, Tagar #BoikotTVRI Menggema

Gates adalah anggota direksi di Microsoft hingga 2014, dan mulai mendedikasikan lebih banyak waktunya untuk Yayasan Bill & Melinda Gates pada tahun 2008.

Saat ini, Bill Gates memegang kepemilikan saham di Microsoft sebesar 1.36%. Gates adalah salah satu pemegang saham utama Microsoft. Perusahaan ini go public pada tahun 1986 dan kini merupakan salah satu perusahaan paling bernilai di dunia dengan kapitalisasi pasar sebesar $1,21 triliun.

Kembali ke Atas

BACA JUGA...

×