Gokil Abis! Kemenkes RI “Gaet” Sayu Higehiro untuk Kampanye Vaksinasi

Pop Kultur 27 Jun 2021

Akhir-akhir ini penggunaan anime sebagai sarana promosi semakin menjadi primadona di berbagai negara, termasuk Indonesia. Beberapa diantaranya menciptakan anime originalnya sendiri untuk membuat promosi, seperti yang dilakukan oleh perusahaan berbasis produksi seperti Pocari Sweat dan Biskuit Khong Guan, ataupun developer game seperti Free Fire.

Namun ada pula yang memparodikan anime yang sudah ada sebagai sarana promosinya, seperti yang dilakukan oleh Kementerian ESDM yang memparodikan anime Yuru Camp pada April lalu. Dan seakan mengikuti trend, lembaga pemerintahan lainnya juga mengikuti jejak yang sama.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia melalui akun Tiktok resminya merilis sebuah video pendek untuk mengkampanyekan program vaksinasi COVID-19 pada hari Minggu (27/6). Dalam video pendek tersebuf terlihat seorang pemuda bernama Yudha sedang belajar di sebuah ruangan dan seseorang masuk ke dalam untuk mengajaknya vaksinasi. Namun yang membuatnya unik sekaligus mengocok perut adalah orang yang mengajaknya, yakni Ogiwara Sayu dari seri anime Higehiro.

Dan bukan hanya itu, latar musik dari video tersebut juga menggunakan lagu Onnanoko ni Naritai yang dipopulerkan oleh Mafumafu, menambah kesan “Jejepangan” dari video tersebut.

@kemenkesri

Kasihan belom tau, mana masih muda lagi. #samasamabelajar #wibuindonesia #KemenkesRI

♬ 女の子になりたい - まふまふ

Sontak video tersebut langsung dibanjiri komentar oleh para netizen. Tak sedikit dari mereka yang terkejut karena sang pengunggah merupakan akun centang biru milik pemerintah.

“jujur terniat banget kemenkes bikin khusus buat wibu”, tulis netizen dengan nickname Penguin.

Akun Tiktok resmi itu pun juga ikut me-reply komentar-komentar mereka.

Hmm… Sepertinya makin sini makin banyak instansi yang ikut trend Jejepangan ya MedForians! Kira-kira siapa lagi ya yang nanti akan ikut trend ini?

Tag

Wahyu Soetisna

someone who loves animangas and governmental things

Mantap! Kamu telah berhasil berlangganan.
Mantap! Selanjutnya, selesaikan pembayaran untuk akses penuh.
Selamat datang kembali! Kamu telah berhasil masuk.
Sukses! Akun kamu telah aktif, sekarang kamu bisa mengakses semua konten.